Sukses

Beli Rumah Pertama Kali? Jawab Dulu 4 Pertanyaan Ini

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan bila mau membeli rumah pertama kali.

Liputan6.com, Jakarta Membeli properti merupakan keputusan yang besar di dalam keuangan, mengingat dana yang akan dibutuhkan terbilang tidak sedikit. Tahu sendiri, harga rumah dari tahun ke tahun mengalami kenaikan hingga terasa cukup mahal di kantong.

Untuk itu, penting bagi Anda agar selalu jeli dan berhati-hati saat akan membelinya, terutama jika ini menjadi pembelian hunian Anda yang pertama. Selain faktor keuangan, ada banyak hal lain yang wajib Anda cermati sejak awal agar tak menyesal.

Sama halnya dengan pembelian aset lainnya, pembelian hunian ini juga membutuhkan banyak persiapan yang baik sejak awal. Membeli dengan terburu-buru adalah keputusan yang tidak tepat, mengingat hal ini bisa saja membuat pembelian Anda justru mendatangkan sejumlah masalah di kemudian hari.

Rencanakan pembelian properti Anda dengan baik sejak awal, lalu luangkanlah waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat. Sehingga Anda punya kesempatan yang luas untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan terbaik.

Selain keuangan, ada banyak hal lainnya yang wajib Anda cermati di dalam pembelian properti yang akan dilakukan nanti. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan bila mau membeli rumah pertama kali.

1. Apakah Lokasinya Tepat?

Lokasi selalu menjadi pertimbangan utama dalam membeli properti, terutama jika Anda berniat untuk menjadikan properti sebagai hunian pribadi. Di mana kantor Anda, dan berapa jauh dari lokasi hunian yang Anda incar? Hal-hal seperti ini tentu patut menjadi pertimbangan, terutama bagi Anda yang memiliki tingkat kesibukan tinggi sepanjang hari.

Jangan sampai hunian yang dibeli, justru membuat Anda kesulitan untuk melakukan rutinitas. Bukannya memberikan manfaat lebih, kondisi seperti ini akan membuat Anda justru kerepotan nantinya.

Luangkan waktu Anda untuk memilih properti yang berada di kawasan strategis dan memiliki akses yang mudah ke berbagai titik sekaligus. Bukan hanya nyaman, lokasi yang strategis ini juga akan memberikan harga yang lebih baik, jika sewaktu-waktu kelak Anda ingin menyewakan atau bahkan menjual hunian Anda tersebut.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Apa Saja Fasilitas yang Ada?

Selanjutnya adalah lihat fasilitas apa saja yang ada di sekitar rumah tersebut. Mulai dari fasilitas umum yang terdapat di area tersebut juga tak kalah pentingnya untuk menjadi pertimbangan. Apa saja? Mulai dari angkutan publik, sekolah (bagi Anda yang memiliki anak), fasilitas kesehatan, jalan raya, pasar dan supermarket, serta lainnya. (Baca Juga: Tertarik Tinggal di Hunian TOD: Ini Cara, Biaya dan Prosedurnya!)

3. Bagaimana Reputasi Developer?

Jangan mengabaikan reputasi developer. Sebab hal ini akan sangat berpengaruh pada pembelian hunian yang akan Anda lakukan. Developer yang memiliki jejak rekam buruk bisa saja membuat Anda mengalami masalah, bahkan menimbulkan kerugian di dalam pembelian yang akan Anda lakukan.

Hindari berbagai kemungkinan masalah yang timbul dari dampak reputasi developer sejak awal. Dengan memilih developer terpercaya, yakni yang telah memiliki reputasi baik di dalam bisnis yang mereka jalankan, maka Anda akan terhindar dari potensi permainan pengembang “nakal”. Jangan sampai cicilan sudah berjalan, uang banyak keluar, tapi rumah tak kunjung dibangun.

3 dari 3 halaman

4. Seperti Apa Biaya-Biaya yang Dikenakan?

Pertimbangkan juga berbagai biaya yang akan Anda tanggung di dalam pembelian hunian ini, terutama jika Anda akan membeli hunian dengan cara kredit (KPR/KPA). Bukan hanya sejumlah uang yang sesuai dengan harga huniannya saja, namun Anda juga akan dikenakan sejumlah biaya lainnya yang cukup besar.

Ada banyak biaya yang biasanya akan Anda tanggung dalam pembelian rumah atau apartemen, seperti biaya administrasi, biaya provisi, dan yang lainnya. Hitung dengan baik biaya-biaya yang akan dibebankan dan persiapkan dari awal. (Baca Juga: Saat Gaji Istri Lebih Besar dari Suami, Ini yang Harus Dilakukan)

Lakukan Pembelian dengan Jeli dann Teliti

Membeli hunian pribadi untuk pertama kalinya merupakan keputusan besar di dalam keuangan dan perlu Anda pertimbangkan dengan matang sejak awal. Lakukan pembelian ini dengan hati-hati, yakni dengan mempertimbangkan berbagai hal penting dan menghindari berbagai risiko yang ada. Cermati dengan jeli berbagai informasi terkait dengan pembelian yang akan Anda lakukan, sehingga Anda bisa menemukan hunian yang layak dan sesuai dengan keinginan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini