Sukses

Kapal Pesiar Terbesar Hong Kong Buka Rute ke Benoa Bali

Keberadaan kapal pesiar menjadi salah satu bentuk komitmen mendukung target pemerintah mencapai 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara di 2018 ini.

Liputan6.com, Jakarta Pelindo III mengajak operator kapal pesiar internasional, Genting Hong Kong, untuk mengembangkan rute kunjungannya ke Indonesia.
 
Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, mengatakan, selama ini operator kapal pesiar yang banyak menggarap rute wisata Asia tersebut telah membawa kapal Genting Dream sandar rutin di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Celukan Bawang Bali. 
 
"Ke depannya, Genting Hong Kong akan melayani rute baru Singapura-Surabaya-Celukan Bawang hingga Benoa di Bali. Saat sandar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Genting Dream salah satu kapal pesiar andalan mereka, menjadi cruise terbesar yang pernah sandar di pelabuhan Indonesia," ujar dia di Bali, Jumat (12/10/2018).
 
 
Menurut Doso, hal ini menjadi salah satu bentuk komitmen mendukung target pemerintah mencapai 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara pada 2018. 
 
"Salah satunya dengan proaktif berpromosi ke sejumlah operator cruise, agar meningkatkan cruise call (intensitas kunjungan kapal) dan juga membuka rute baru ke pelabuhan-pelabuhan lainnya yang menjadi gerbang laut bagi berbagai destinasi wisata di sekitarnya," kata dia.
 
 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

 

 
Dia mengungkapkan, untuk mendorong hal tersebut, Pelindo III telah melakukan berbagai terobosan layanan agar operator mau memastikan kunjungan hingga enam bulan sebelum kedatangan kapal, yaitu dengan memberikan prioritas sandar. 
 
Selain itu, perusahaan pelat merah ini juga siap memberikan bantuan untuk menjamin kelancaran embarkasi dan debarkasi penumpang hingga pendampingan pengurusan perizinan ke pemerintah setempat dan instansi terkait.
 
Selanjutnya, Pelindo III akan memperbarui fasilitas sandar di terminal Pelabuhan Celukan Bawang untuk melayani cruise dengan panjang kapal (LOA/length overall) mencapai 342 meter, lebar 46,6 meter, dan kedalaman hingga 9,2 meter.
 
"Agar dapat bersaing dengan pelabuhan cruise lain pada industri pariwisata global, Pelindo III terus meningkatkan fasilitas pelabuhan agar dapat disandari cruise yang berkapasitas hingga lebih dari 4.000 penumpang dan kru kapal. Sehingga semakin besar cruise yang bisa sandar, maka semakin banyak turis asing yang datang. Sehingga diharapkan dapat mendorong peningkatan industri wisata di Bali utara," tandas Doso.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini