Sukses

95 Persen Fasilitas Umum di Palu Sudah Dapat Pasokan Listrik

Saat ini beban puncak di Palu dan sekitarnya sudah mencapai 25,4 Mega Watt (MW).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 95 pelanggan listrik fasilitas umum prioritas di Palu, Sulawesi Tengah, telah kembali mendapat pasokan listrik. Pelanggan tersebut mayoritas adalah kantor pemerintahan, rumah sakit, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), pusat perekonomian dan rumah ibadah.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi mengatakan, Kondisi kelistrikan wilayah Palu, Donggala dan Sigi kembali normal setelah PT PLN (Persero) berhasil memperbaiki 7 Gardu Induk (GI) serta 45 Penyulang yang sempat mengalami kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami.

"Berdasarkan Laporan PT PLN, pelanggan fasilitas umum priorotas tersebut rinciannya adalah 15 pelanggan kantor pemerintah, termasuk TNI dan Polri, 8 rumah sakit, 11 SPBU, 15 titik perekonomian, termasuk 1 mall dan 1 swalayan,"  kata Agung, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (10/10/2018).

"Selain itu, 18 Base Transceiver Station (BTS), 10 perbankan dan ATM serta 2 kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga sudah menyala. Rumah ibadah yang terdiri dari 9 masjid dan 7 gereja juga listriknya telah menyala," lanjut dia. 

Personil yang terlibat dalam penormalan ini fasilitas kelistrikan di Palu, Donggala dan Sigi adalah berjumlah 1.237 orang, yang terdiri dari tenaga pembangkitan, tenaga transmisi, tenaga distribusi, tenaga logistik dan tenaga kesehatan.

"Pulihnya sistem kelistrikan ini terlihat dari menggeliatnya aktivitas di beberapa sarana dan fasilitas umum yang listriknya sudah menyala, seperti Kantor Pemerintahan, Rumah Sakit, Masjid, Bank, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Gereja dan Jalan Protokol," jelas Agung.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beban Puncak Palu

Sebelumnya, Direktur PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda mengatakan, ‎saat ini beban puncak di Palu dan sekitarnya sudah mencapai 25,4 Mega Watt (MW).

Sementara pada pekan lalu, beban puncak di sistem kelistrikan Palu baru mencapai 7,5 MW dari sebelumnya sebesar 1,6 MW‎. Hal ini menandakan konsumsi listrik di wilayah tersebut mengalami kenaikan.

"Tercatat juga beban puncak pemakaian listrik pada siang hari ini di Palu dan sekitarnya mencapai 25,4 MW," tandas Syamsul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.