Sukses

Jumlah Pendaftar CPNS 2018 Hampir Sentuh 4 Juta Orang

Peminat masyarakat untuk ikut dalam seleksi CPNS 2018 sangat besar.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan, hingga Selasa ini jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah hampir menyentuh 4 juta orang. Jumlah tersebut sesuai dengan target BKN.

"Sekarang sudah hampir 4 juta orang yang daftar. Ini sesuai perkiraan kita yakni sampai 5 juta pelamar. Ini masih ada 5 hari pendaftaran," tutur Deputi Sistem Informasi BKN Iwan Hermanto di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).

Peminat masyarakat untuk ikut dalam seleksi CPNS 2018 sangat besar. BKN pun berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem registrasi untuk tahun-tahun berikutnya.

"Perbedaan CPNS 2018 dengan tahun-tahun sebelumnya ialah permintaan jumlah pelamar yang begitu masif. Saat ini orang bisa melihat instansi mana yang cocok dengan jurusan mereka. Semua sudah terbuka saat ini," jelasnya.

Oleh sebab itu, Iwan berujar, BKN bekerja sama dengan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau (Kapolri) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait penyelenggaran CPNS 2018 ini.

"Kemendikbud dan Polri sudah siap fully back sampai dengan kabupaten-kabupaten kota ya. Jadi tidak ada lagi ruang yang disebut orang-orang menjanjikan pelamar bisa masuk CPNS," tandasnya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendaftaran CPNS di Palu, Sigi dan Donggala Masih Sepi Peminat

Sebelumnya, pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018, masih terdapat sejumlah instansi dan wilayah kerja yang sepi peminat. Dari 3.399.744 juta pelamar, hanya ratusan yang tertarik mendaftar di instansi atau daerah tersebut.

Salah satu wilayah yang paling sepi peminat adalah di daerah Palu, Sigi, dan Donggala. Seperti diketahui, ketiga daerah tersebut terkena musibah gempa dan tsunami. 

Berdasarkan informasi Setkab yang dikutip Minggu (7/20/2018), berikut jumlah pendaftar di daerah Palu, Sigi, dan Donggala yang berada di Wilayah Kerja Kantor Regional (Wilker Kanreg) Makassar, 

1. Pemerintah Kab. Sigi: 20 orang

2. Pemerintah Kota Palu: 108 orang

3. Pemerintah Kab. Donggala: 175 orang.

Untuk daerah yang terkena bencana tersebut, pihak pemerintah lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah mewacanakan agar proses CPNS di daerah tersebut tidak dijalankan terlebih dahulu.

Sejauh ini, sudah ada 1,8 juta orang yang memilih instansi, 1,1 juta orang selesai melakukan pendaftaran, dan 349 ribu orang sudah diverifikasi oleh instansi terkait.

"Instansi yang telah menampilkan formasi sebesar 93 persen. Pelamar yang telah memilih instansi sebanyak 1.807.097 orang dan pelamar yang telah selesai melakukan pendaftaran sebanyak 1.182.488 orang. Sementara itu, pelamar yang telah diverifikasi oleh instansi sebanyak 349.067 orang," demikian pernyataan resmi Kepala Biro Hubungan Kemasyarakatan Badan Kepegawaian Negara Mohamad Ridwan.

Dalam pencarian informasi terkait, pihak BKN mengajak peminat untuk mengunjungi situs sscn.bkn.go.id dan memeriksa Frequently Asked Question (FAQ/pertanyaan yang sering ditanya) yang berada di bagian atas situs, atau langsung klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.