Sukses

Harga Bawang Merah Turun dan Daging Stabil di Pasar Citra 5 Jakarta

Memasuki minggu kedua bulan Oktober, harga bawang merah terpantau merosot secara serentak.

Liputan6.com, Jakarta Harga bawang merah di pasar tradisional terpantau turun. Hal ini berdasarkan pantauan Liputan6.com di Pasar Citra 5, Jakarta Barat, Senin (8/10/2018).

Salah seorang pedagang, Sulaeman (36), mengaku menjual bawang merah di kisaran harga Rp 15 ribu - 20 ribu per kilogram (Kg). Harga bawang merah sudah turun drastis sejak lima hari lalu. 

Hal serupa diungkapkan pedagang sayuran lainnnya, Udin (48). Di tempatnya, bawang merah dibanderol Rp 18 ribu. “Soalnya pasokannya lagi banyak, dari sana juga lagi panen,” tuturnya.

Selain bawang merah, harga bawang putih juga turun di beberapa tempat, yakni sekitar Rp 28 ribu - 35 ribu untuk bawang putih kating dan Rp 22 ribu - 28 ribu untuk bawang putih biasa.

Walaupun sedang turun, pedagang lain Buyung (46) mengakui harga bawang putih sering tidak stabil. “Sering naik turun, soalnya barang impor,” ungkapnya.

Penurunan harga ini turut dirasakan sejumlah komoditas cabai, di antaranya cabai rawit merah seharga Rp 32 ribu per kg dan cabai rawit besar Rp 35 ribu per kg. Namun, penurunan ini tidak diikuti oleh cabai merah keriting dan rawit hijau. Keduanya dibanderol menjadi Rp 40 ribu per kg.

Sementara itu, harga jenis sayuran lain seperti kentang, tomat, wortel, dan timun terpantau stabil di harga masing-masing Rp 12 ribu per kg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Daging Stabil

Beralih ke pangan hewani, daging ayam dan sapi juga terpantau stabil. Daging ayam kampung ukuran kecil dipasarkan seharga Rp 45 ribu per kg dan ukuran sedang Rp 55 ribu per kg. Adapun daging sapi dijual dengan kisaran Rp 130 ribu - 140 ribu per kg.

Senada, harga telur terpantau stabil pada minggu kedua bulan Oktober, yakni telur ayam Rp 23 ribu per kg, telur puyuh Rp 30 ribu per kg, dan telur bebek Rp 2.500 per butir. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini