Sukses

SRC Wujud Semangat Para Superhero Ritel Tradisional Indonesia

Sampoerna Retail Community (SRC), program pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang ritel yang memiliki potensi pengembangan dalam aspek bisnis.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini persaingan dunia ritel di Indonesia sudah mulai semakin ketat, warung-warung sederhana dan toko-toko ritel tradisional semakin lama hampir menghilang ditinggalkan para pembelinya. Lalu faktor apa yang membuat toko tradisional berguguran? Jawabannya beragam, mulai dari pengelolaan manajemen, tata toko yang terlihat kumuh, barang yang dijual kurang lengkap, hingga harga yang tidak bersaing, dan lain sebagainya. Lalu, apakah pemilik toko ritel tradisional yang selama ini menggantungkan hidupnya dari berdagang, mampu menghadapi gempuran dengan melakukan perbaikan-perbaikan untuk dapat memenangkan kompetisi dunia ritel saat ini?

Sepintas alasan persaingan sangatlah valid, namun pernahkah kita melihat bahwa ternyata masih banyak para pemilik toko ritel tradisional yang menjadi tulang punggung keluarga, tetap eksis, mampu berdiri tegak, punya banyak pelanggan bahkan memberikan peluang pekerjaan terhadap warga sekitar.

Bermodalkan tekad kuat untuk bangkit dan bertahan, mereka membuka diri dan bekerjasama dengan Sampoerna Retail Community (SRC), program pembinaan terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang ritel yang memiliki potensi pengembangan dalam aspek bisnis. Ritel-ritel ini bernaung dalam sebuah komunitas untuk dibina melalui kegiatan pengembangan bisnis yang kreatif bersama-sama dengan anggota komunitas SRC lainnya.

Toko-toko ritel tradisional binaan SRC mendapatkan bimbingan manajemen pengelolaan toko, mulai dari layanan, strategi pemasaran, hingga tata administrasi yang bertujuan agar memudahkan pembeli untuk belanja yang pada akhirnya akan meningkatkan omset bisnis.

Para pemilik bisnis ini juga menerima masukan dari sejumlah praktisi  bidang ritel dan pemasaran tanah air. Selain itu, program SRC juga fokus untuk mendorong inovasi dan pengembangan usaha jangka panjang. Investasi ini adalah semangat dua arah baik SRC maupun penyelenggara program untuk kesuksesan jangka panjang yang berkelanjutan.

Para anggota juga berinisiatif membuat Paguyuban SRC yang merupakan wadah komunikasi dan tempat saling berbagi. Berbagai kegiatan rutin dilakukan mulai dari bazaar sembako, launch produk lokal, pelatihan bisnis, dan kegiatan lainnya. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk dalam menggerakkan ekonomi tidak hanya SRC tapi juga wilayah dimana mereka berusaha.

SRC banyak memberikan inspirasi kepada kami di Sampoerna. Mulai dari cara kreatif yang didukung lewat kerja keras konsisten untuk berubah menjadi lebih baik hingga pencapaian mereka. Sampoerna berharap semangat mereka dan sinergi SRC ini dapat ditularkan lebih luas  kepada para pelaku UKM di seluruh Indonesia," ujar Dina Arini Sulistyowati, Head of Sampoerna Retail Community PT HM Sampoerna Tbk. 

Dari banyaknya pelaku ritel yang tergabung dalam SRC, banyak kisah dan pelajaran inspiratif yang bisa dipetik selama berjuang dalam bidang yang digelutinya. Para superhero dalam bidang ritel akan lahir sebentar lagi! Ayo Bangun UKM Indonesia! Ayo SRC!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini