Sukses

Agar Tak Tertipu, Intip 10 Cara Pintar Belanja Kosmetik

Agar Anda tidak tertipu, simak sepuluh cara pintar belanja kosmetik berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta - Selain perhiasan, wanita juga hobi mengoleksi mekap, mulai dari yang harganya murah hingga super mahal. Sebut saja Make Over, Maybelline, Loreal, MAC, hingga Chanel yang harga satu produknya bisa mencapai jutaan rupiah.

Produk-produk kosmetik dapat dibeli langsung di gerai-gerai yang ada di mall ataupun di toko online. Agar Anda tidak tertipu, simak sepuluh cara pintar belanja kosmetik seperti dikutip dari Cermati.com.

Tips Belanja Kosmetik di Toko Online

1. Kosmetik Apa yang Ingin Dibeli di Toko Online

Ada beragam produk kosmetik yang tersedia di pasar, seperti alas bedak, bedak padat, bb cream, lipstik, dan masih banyak lagi. Tentukan kosmetik apa yang ingin Anda beli dan dari merek apa. Hal ini akan memudahkan Anda saat berbelanja online, sehingga waktu tidak tersita hanya karena ingin membeli satu produk kosmetik saja.

2. Baca Ulasan di Internet

Kalau Anda sudah mengetahui jenis kosmetik yang ingin dibeli, sekarang saatnya untuk membaca berbagai ulasan produk di internet. Entah itu di YouTube, blog, atau di majalah gaya hidup. Dari sebuah ulasan, Anda bisa memutuskan apakah ingin membeli produk tersebut atau mencari produk kosmetik lain yang lebih bagus.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Perhatikan Komposisi Kosmetik

Sembari membaca ulasan produk, Anda juga bisa mencari-cari informasi mengenai komposisi atau bahan pembuatan kosmetik tersebut. Pastikan kosmetik tidak mengandung bahan berbahaya, seperti merkuri atau paraben, sehingga tidak merusak wajah setelah menggunakannya.

4. Cari Online Shop Terpercaya

Dari hari ke hari, semakin banyak online shop yang menjual kosmetik karena permintaannya yang cukup tinggi. Sebaiknya lebih berhati-hati lagi karena tidak semua toko online dapat dipercaya begitu saja. Luangkan waktu untuk membaca testimoni dari pembeli sebelumnya untuk memastikan apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak.

3 dari 5 halaman

5. Bandingkan Harga Kosmetik

Anda pasti sering menjumpai harga kosmetik yang berbeda, padahal kosmetik tersebut berasal dari merek yang sama. Sebelum membeli, alangkah baiknya jika Anda membandingkan harga kosmetik di toko online yang satu dengan lainnya untuk mendapatkan harga termurah. Meskipun perbedaan harga tidak terlalu jauh, tapi tetap saja cukup lumayan kalau bisa berhemat. Apalagi jika Anda masih berstatus sebagai pelajar.

6. Perhatikan Kemudahan Pembayaran

Toko online menyediakan berbagai jenis pembayaran. Ada melalui kartu kredit, bank transfer, e-banking, dan melalui merchant tertentu. Pilih toko online yang menyediakan beragam jenis pembayaran.

Apabila suatu saat saldo di ATM Anda habis, Anda tetap bisa menyelesaikan transaksi pakai uang tunai di merchant yang disediakan. Sehingga proses belanja Anda pun semakin mudah. (Baca Juga: Pajak Impor 1.147 Barang Naik, Pakai Cara Ini Agar Bebas Dari Bea Cukai)

4 dari 5 halaman

Tips Belanja Kosmetik di Gerai Terdekat

1. Belanja dengan Teman

Jika Anda termasuk orang yang cukup boros dalam hal belanja kosmetik, sebaiknya bawalah satu atau dua orang teman saat berbelanja. Selain sebagai pemberi saran, teman itu juga bisa menjadi sebuah pengingat atau ‘alarm’. Apabila Anda belanjanya sudah kelewatan, mereka bisa mengingatkan untuk berhenti, sehingga uang Anda tidak habis hanya untuk beli kosmetik saja.

2. Minta Produk Tester

Sebagian besar gerai kosmetik menyediakan produk tester yang bisa dicoba sebelum membeli. Manfaatkan tester ini untuk mengecek apakah kosmetik yang ingin dibeli sesuai dengan tone kulit Anda atau tidak. Dengan begini, kamu bisa menentukan secara bijak apakah ingin membeli produk tersebut atau mencari produk lain yang lebih sesuai.

5 dari 5 halaman

3. Minta Saran Sales

Jika Anda harus belanja sendirian, bisa meminta bantuan sales untuk memilihkan produk kosmetik yang paling cocok untuk warna kulit Anda. Jangan khawatir, pendapat yang diberikan sales biasanya terpercaya, kok. Lagi pula mereka tidak mungkin menipu para konsumen dengan cara memberikan rekomendasi produk yang tidak sesuai.

4. Manfaatkan Diskon

Kalau yang satu ini harus dimanfaatkan betul agar harga yang Anda bayarkan menjadi lebih murah. Tapi ingat, Anda tetap harus waspada sebelum membeli. Cek tanggal kadaluwarsa produk kosmetik terlebih dahulu.

Dalam beberapa kasus, pemberian diskon dilandasi karena produk sudah mendekati tanggal kadaluwarsa. Daripada tidak laku, lebih baik dijual dengan harga murah saja. (Baca Juga: Selamat Hari Konsumen: Ini lho, Hak Konsumen saat Belanja Online!)

Jadilah Pembeli yang Cerdas

Belilah sesuatu bukan karena harganya murah, tetapi karena produk tersebut berkualitas dan Anda benar-benar membutuhkannya. Jadilah pembeli cerdas yang selalu mempertimbangkan segala aspek sebelum membeli suatu barang. Sehingga Anda tidak pernah menyesal setiap kali membeli produk kecantikan yang dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini