Sukses

BRI Jalin Kerja Sama dengan Garuda Indonesia untuk Perkuat Rupiah

Kerja sama strategis Bank BRI dengan Garuda Indonesia perkuat rupiah.

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. melalui penandatanganan perjanjian pengelolaan fasilitas dana maintenance reserve berupa Standby Letter of Credit (SBLC), nota kesepahaman Penyediaan Layanan Digital Acquiring, dan kerja sama BRI Corporate Card. Penandatanganan dilakukan oleh masing – masing direksi yang membidangi dengan disaksikan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Ashkara, di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Jumat (5/10/2018). 

Dalam kerja sama tersebut, BRI dan Garuda berkomitmen untuk membantu perbaikan dan penguatan nilai tukar rupiah melalui peningkatan pemasukan devisa.

“Kerja sama berkelanjutan antara Bank BRI dengan Garuda Indonesia ini merupakan salah satu upaya perseroan dalam memberikan layanan yang optimal bagi korporasi. Selain itu, sinergi ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap supply dollar di dalam negeri untuk turut membantu pemerintah dalam menguatkan nilai tukar rupiah melalui pemasukan devisa,” ujar Suprajarto. 

Manajemen Garuda Indonesia pun menyambut baik kerja sama tersebut.

“Dalam upaya kami untuk terus berekspansi dan meningkatkan daya saing di tengah industri penerbangan yang semakin kompleks dan dinamis ini, Garuda Indonesia tentu tidak dapat melepaskan dari dukungan dan kepercayaan para mitra dan stakeholders, dalam hal ini khususnya Bank BRI sebagai mitra usaha strategis Garuda Indonesia,” ucap Ari Ashkara.

Dalam kerja sama tersebut, Bank BRI memberikan fasilitas pinjaman Non Cash Loan (NCL) berupa fasilitas SBLC dengan sumber rekening nostro BRI di luar negeri sebesar 200 juta dollar AS yang dapat digunakan oleh Garuda untuk menggantikan dana perawatan pesawat atau Maintenance Reserve (MR) kepada lessor pesawat. Dengan begitu, Garuda dapat menarik dana maintenance reserve yang sudah ada di lessor untuk di bawa ke dalam negeri, sehingga supply dollar dalam negeri makin bertambah.

Selain itu, SBLC dimaksimalkan dengan kerja sama lindung nilai (hedging) melalui fasilitas forex line sebesar 200 juta dollar AS. Harapannya, upaya ini dapat memitigasi risiko terhadap fluktuasi nilai tukar mata uang yang disebabkan kondisi shortage supply dollar, di mana kebutuhan Garuda yang masih didominasi dalam mata uang dollar. Adapun instrumen untuk lindung nilai (hedging) yang digunakan antara lain seperti Value Today, Tom, Spot, dan Forward.  

Lebih lanjut, Bank BRI juga bekerja sama dengan Garuda Indonesia dalam hal layanan Digital Acquiring. Kerja sama ini berupa penggunaan kartu debit atau kredit BRI berjaringan Visa dan Mastercard untuk pembelian tiket Garuda secara online dan seluruh channel digital ticketing Garuda, seperti Garuda Indonesia website, Garuda Indonesia mobile apps, dan Garuda online payments for agents

Tak hanya itu, guna mendukung optimalisasi anggaran operasional Garuda, Bank BRI menyediakan Corporate Card BRI untuk Direksi dan Vice President (VP) Garuda. Corporate Card BRI merupakan produk kartu kredit BRI yang diperuntukkan bagi satuan kerja kementerian, lembaga negara, serta institusi dan perusahaan. 

Kartu tersebut berfungsi sebagai alat pembayaran dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan. Kebutuhan ini diantaranya untuk pembelian tiket pesawat perjalanan dinas, belanja barang operasional dan persediaan, belanja sewa, serta belanja pemeliharaan operasional dan non-operasional.

Kartu tersebut juga mempunyai beberapa keunggulan, antara lain dedicated corporate team, smart data online untuk memudahkan pengawasan transaksi secara online, gratis executive lounge di bandara di Indonesia, penyesuaian besaran limit kartu sesuai kebutuhan, penyajian data tagihan dalam bentuk grup atau individual, serta penerapan data sesuai Good Corporate Governance (GCG).

Lebih lanjut, untuk meningkatkan penetrasi di sektor kredit konsumer, Bank BRI turut menyediakan business card dan kartu kredit BRI untuk para pekerja Garuda dengan promo dan penawaran menarik. 

 

 

(*)

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini