Sukses

INALUM Kirimkan Tim dan Bantuan Untuk Korban Gempa & Tsunami di Palu-Donggala

Sebagai wujud empati dan solidaritas kemanusiaan terhadap musibah gempa dan tsunami yang melanda wilayah Sulawesi Tengah, PT INALUM (Persero) langsung bergerak untuk ikut memberikan bantuan kepada para korban yang terdampak bencana.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wujud empati dan solidaritas kemanusiaan terhadap musibah gempa dan tsunami  yang melanda wilayah Sulawesi Tengah, PT INALUM (Persero) langsung bergerak untuk ikut memberikan bantuan kepada para korban yang  terdampak bencana. 

Sebagaimana diketahui, gempa dahsyat berskala 7 skala Richter dengan pusat kedalaman 10 km di Donggala yang diikuti tsunami terjadi pada hari Jumat (28/9) sore. Bencana tersebut meluluhlantakkan bangunan, sarana dan fasilitas publik lainnya.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban meninggal akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah hingga Selasa(02/10) pukul 13.00 WIB mencapai 1.234 orang dan ribuan orang menjadi pengungsi yang tersebar di berbagai daerah. 

Sebagai wujud kepeduliannya, INALUM  telah memberangkatkan tim dalam 2 gelombang. Pertama, bekerja sama dengan PT PELNI (Persero) mengirimkan utusan sekaligus bantuan berupa pakaian wanita melalui KM Bukit Siguntang. Berangkat dari Pelabuhan Pare-pare, utusan tiba di Pelabuhan Pantoloan, Selasa (2/10).  Hampir bersamaan, tenaga medis dan paramedis INALUM bergerak melalui Lanud Hasanuddin Makassar menggunakan pesawat Hercules membawa logistik obat-obatan dan pembalut wanita. 

 

 

Usai menerima bantuan, Deputy Vice President Terminal Service PT Pelindo IV (Persero) yang juga bertindak Ketua Tim Relawan, Fanny Herling menyatakan apresiasi atas empati yang diberikan INALUM dan berjanji akan segera menyampaikan bantuan yang diberikan kepada pihak yang membutuhkan. 

Dalam pesan tertulisnya, Dirut INALUM Budi G. Sadikin menyampaikan bahwa sebagaimana diamanatkan oleh Kementerian BUMN, maka INALUM bersama anggota holding industri pertambangan lainnya seperti PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk berkomitmen untuk terus berupaya memberikan bantuan kepada korban terdampak bencana.

"Paling tidak, masyarakat terbantu dalam memperoleh kebutuhan dasarnya seperti pakaian, obat-obatan, dan air bersih," pungkasnya. 

“Semoga kehadiran dan bantuan dari INALUM dapat membantu meringankan beban para korban yang terkena dampak bencana....mari kita berdoa bersama untuk para korban bencana di Palu dan Donggala, semoga diberi kesabaran dan ketabahan," ujar Ricky Gunawan, Sekretaris Perusahaan INALUM di Jakarta.

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.