Sukses

RI Ingin Selandia Baru Buka Pasar Otomotif

Saat ini Indonesia dengan New Zealand mencatatkan nilai perdagangan sebesar USD 1,8 miliar per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dan New Zealand (Selandia Baru) tengah merayakan 60 tahun hubungan diplomatik. Ini juga menjadi titik baru bagi ke dua negara untuk meningkatkan hubungan, terutama dalam hal perdagangan.

Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto, mengatakan saat ini Indonesia dengan New Zealand mencatatkan nilai perdagangan sebesar USD 1,8 miliar per tahun. 

"Saya sudah sampaikan bagaimana di 60 tahun hubungan diplomatik ini kita bisa meningkatkan nilai perdagangan menjadi dua kali lipat dalam kurun waktu empat tahun ke depan," kata Airlangga di Hotel Fairmount, Jakarta, Kamis (4/10/2018).

Ia menambahkan, ada satu cara jika perdagangan ke dua negara bisa meningkat dua kali lipat tersebut.Airlangga ingin New Zealand membuka pasar ekspor produk otomotif Indonesia.

Selama ini Indonesia sudah mengekspor produk otomotif ke Asean, Timur Tengah, hingga Amerika Latin. Namun, untuk pasar Australia dan New Zeland masih tertutup. Asean yang kini sudah menerapkan pasar bebas sudah memiliki perjanjian free trade agreement dengan Australia dan New Zealand.

Oleh karena itu, Airlangga meminta pemerintah New Zealand mempertimbangkan hal ini. "Pasar otomotif di Australia dan New Zealand ini sangat bagus. Selain itu lokasinya juga lebih dekat," ujar dia.

Sementara itu, Komisioner Perdagangan Selandia Baruuntuk Indonesia Diana Permana mengungkapkan, di sisi lain New Zeland juga berupaya meperkuat kerja sama dengan Indonesia melalui solusi teknologi inovatif, praktis dan efisien.

Hal ini sejalan dengan transformasi pertumbuhan Indonesia dari ekonomi pedesaan menuju ekonomi perkotaan. Selain itu proyek Making Indonesia 4.0 menjadi peluang New Zeland menawarkan solusi digital teknologi inovatif.

"New Zeland dapat berkontribisi dalam pengembangan smart building dan solusi manufaktur dengan menggunakan teknologi untuk mencapai efisiensi operasi," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menperin: Perlu Insentif Fiskal Tarik Investasi

Sebelumnya, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa insentif fiskal dibutuhkan untuk menarik investasi dan memacu pertumbuhan industri.

"Insentif fiskal diperlukan dalam upaya mendorong investasi dan pertumbuhan sektor manufaktur,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Minggu 30 September 2018.

Apalagi, menurutnya, gairah pelaku industri nasional untuk ekspansif sedang bagus lantaran didukung kebijakan pemerintah yang pro-bisnis.

Menperin menyampaikan beberapa insentif yang tengah ditunggu para pengusaha, antara lain adalah "super deductible tax" dan aturan terkait Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM).

"Insentif super deductible tax akan diberikan kepada industri yang terlibat dalam program pendidikan vokasi serta melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) untuk menghasilkan inovasi,” jelasnya.

Kementerian Perindustrian telah mengusulkan skema super deductible tax kepada Kementerian Keuangan.

Bagi industri yang melakukan pelatihan dan pendidikan vokasi akan diberikan pengurangan pajak sebesar 200 persen, sedangkan industri yang melakukan kegiatan litbang atau inovasi mendapat pemotongan pajak sebesar 300 persen.

Penerapan super deductible tax, lanjutnya, sejalan dengan inisiatif di dalam roadmap Making Indonesia 4.0.

“Artinya, pemberian fasilitas ini selain melengkapi insentif fiskal tax allowance dan tax holiday, akan mengakselerasi industri manufaktur nasional agar siap menuju revolusi industri 4.0,” paparnya.

Kemenperin juga telah mengusulkan harmonisasi skema PPn BM untuk mobil sedan dan kendaraan listrik, dengan menurunkan sampai menghapuskan tarifnya.

Upaya ini guna mendongkrak produktivitas industri otomotif nasional supaya dapat memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor.

“Kami sedang menggenjot produksi sedan untuk memperluas pasar ekspor. Apalagi industri otomotif memang berorientasi ekspor dan prioritas dalam penerapan revolusi industri 4.0. Kami juga sedang fokus pada pengembangan produksi kendaraan listrik,” ungkapnya.

Dalam skema baru ini, perhitungan PPnBM tidak lagi berbasis tipe kendaraan, ukuran mesin, dan peranti penggerak.

Pajak akan diperhitungkan berdasarkan hasil pengujian emisi karbondioksida (CO2) dan volume silinder (ukuran mesin). Batas emisi terendah, yakni 150 gram per kilometer dan tertinggi 250 gram per kilometer. Adapun PPnBM yang berlaku 0-50 persen.

Semakin rendah emisi dan volume mesinnya, pajak yang dibayarkan semakin murah.

Pemerintah juga akan memberikan perlakuan khusus berupa pajak yang lebih rendah untuk kendaraan komersial serta kendaraan yang masuk program emisi karbon rendah (low carbon emission vehicle/LCEV) dan kendaraan bermotor hemat bahan bakar dan harga terjangkau (KBH2). PPn BM yang berlaku 0-30 persen.

Di samping itu, Airlangga menyampaikan pemerintah akan mengeluarkan skema mini tax holiday bagi investor dengan nilai investasi di bawah Rp500 miliar. Dalam aturan itu, rencananya investor diberikan diskon Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 60 persen.

“Insentif ini diharapkan dapat menumbuhkan sektor industri kecil dan menengah (IKM),” tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.