Sukses

BUMN Harus Cepat Bantu Rehabilitasi Palu dan Donggala

Operasional outlet, ATM dan kantor dari Himpunana Bank Negara (HIMBARA) di Sulawesi Tengah dipastikan telah kembali berjalan sejak Senin (1/10/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memastikan, pasokan kebutuhan dasar korban gempa dan tsunami terpenuhi. Serta mengerahkan perusahaan BUMN untuk mendorong percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah Palu, Donggala, Mamuju dan sekitarnya.

Rini mengatakan, Berbagai upaya pemulihan telah dilakukan oleh BUMN, dengan pemenuhan bahan pokok, ketersediaan energi dan kesehatan, korban gempa Palu dan Donggala.

"Sejak awal kami menekankan bagaimana menuntaskan permasalahan bahan pokok makanan, ketersediaan BBM dan kesehatan. BUMN juga sudah banyak buka posko," kata Rini, di Palu, Sulawsi Tengah, Rabu (3/10/2018).

‎Dalam upaya pemulihan sarana telekomunikasi, BUMN telah membentuk media center di Kantor Sentral Palu yang dilengkapi 15 titik access point, menambah fasilitas telepon gratis di posko-posko bencana, menambah titik layanan free wifi menjadi 100 titik, memastikan pasokan bahan bakar dari Pertamina untuk operasional TelkomGroup selama masa recovery.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Perbankan

Dalam upaya pemulihan layanan perbankan, operasional outlet, ATM dan kantor dari Himpunana Bank Negara (HIMBARA) dipastikan telah kembali berjalan sejak Senin (1/10/2018). Beberapa outlet yang mengalami kerusakan secara bertahap diperbaiki dan kembali beroperasi.

Saat ini telah beroperasi lima unit kantor cabang dan kantor cabang pembantu atau kantor kas BNI dan 22 layanan ATM di Palu dan Parigi.‎Bank BRI telah mempersiapkan alternatif site untuk layanan dan oerasional Kantor BRI Palu yang rusak.

Sementara Bank Mandiri mengoperasikan kantor cabang Sam Ratulangi dan 6 unit ATM di Palu, Sulawesi Tengah. Perseroan juga secara bertahap menerjunkan relawan untuk mendukung tanggap darurat bencana serta upaya pemulihan layanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.