Sukses

3 Boneka Teddy Bear Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Mulai dari boneka teddy bear era kapal Titanic sampai saksi bisu Perang Dunia II.

Liputan6.com, Jakarta - Boneka teddy bear berbeda dengan mainan robot atau Barbie. Mainan ini bisa jadi hadiah romantis dan cocok untuk segala usia. 

Siapa sangka bahwa nama Teddy berasal dari Theodore Roosevelt? Dia adalah mantan presiden Amerika Serikat (AS) yang terkenal hobi berburu. Konon, Roosevelt tidak bisa menemukan beruang ketika sedang ke Mississippi. Saat itu tak ada beruang yang bisa ditemukan. Anak buah Roosevelt pun berinisiatif mengikat seekor beruang hitam ke pohon untuk ditembak sang presiden.

Presiden Roosevelt menolak melakukannya. Ia beranggapan melakukan penembakan dengan cara demikian tidak sesuai dengan semangat keolahragaan. Kisah ini pun menyebar di koran setempat dan dijadikan karikatur. Seorang pembuat boneka lokal melihat karikatur itu dan memutuskan membuat boneka Teddy (Teddy's bear). 

Sang presiden pun tidak keberatan namanya dipakai untuk boneka beruang. Boneka teddy bear memang bisa dijangkau oleh beragam kalangan, dan di antara mereka ada pula yang harganya sangat tinggi karena bermacam faktor historis yang mengelilinginya. Dilansir dari This Is Insider, berikut tiga boneka teddy bear termahal di dunia.

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Steiff Titanic Mourning Bear

Boneka beruang berwarna hitam ini pertama kali diproduksi pada tahun 1912. Beruang hitam ini diproduksi pada tahun yang sama ketika kapal Titanic tenggelam di perairan Atlantik Utara.

Dibuat oleh perusahaan mainan Steiff, boneka beruang ini dibuat sebagai tanda duka setelah Titanic tenggelam, dan hanya terdapat 665 boneka ini yang diproduksi. Boneka ini sempat laku terjual seharga USD 136 ribu atau Rp Rp 2 miliar (USD 1 = Rp 14.909) pada tahun 2000 lalu.

3 dari 4 halaman

2. Teddy Bear Tertua

Masih diproduksi oleh Steiff, ini adalah boneka teddy bear di dunia. Tahun produksinya adalah abad 21, yakni 1904.

Menurut Reuters, boneka ini sempat terjual seharga USD 105 ribu (Rp 1,5 miliar) di Jerman pada 2000 lalu. Meskipun produk lama, tetapi kondisinya tetap terawat.

4 dari 4 halaman

1. Teddy Bear Milik Kolonel

Teddy bear termahal pernah menjadi saksi serangan sekutu di pantai Normandy pada penghujung Perang Dunia II. Mengapa bisa? Sebab, teddy bear ini dimiliki oleh seorang kolonel yang dulu menjadi bawahan Marsekal Darat Montgomery.

Kolonel bernama Bob Henderson, dan dia membawa boneka ini ke mana-mana sampai akhir hayat. Boneka yang dibuat tahun 1905 ini dibeli seharga 143 ribu (Rp 2,1 miliar) pada tahun 1994.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.