Sukses

Upaya 13 Negara Bangun Ekonomi Laut Berkelanjutan

Wapres Jusuf Kalla bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti hadiri pertemuan panel tingkat tinggi di AS.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK) bersama Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Senin 24 September 2018 menghadiri pertemuan perdana Panel Tingkat Tinggi (PTT) untuk Ekonomi Laut Berkelanjutan (Inaugural Meeting of the High Level Panel for a Sustainable Ocean Economy) di Museum of Modern Art, New York, Amerika Serikat (AS).

Keduanya hadir sebagai "sherpa" (wakil pemerintah RI yang terlibat dalam seluruh persiapan pekerjaan Panel) mewakili Presiden Joko Widodo. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB di New York, Dian Triansyah Djani dan Kepala Sekretariat Wakil Presiden, Muhammad Oemar.

Pertemuan perdana ini dihadiri kepala negara dari 13 negara pantai (coastal state) anggota PTT, setelah pertama kali diumumkan oleh Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg, Januari 2018 lalu.

PTT ini memang diketuai bersama oleh Perdana Menteri Norwegia, Erna Solberg dan Presiden Republik Palau, Tommy E. Remengesau. Adapun negara anggotanya antara lain Australia, Chili, Fiji, Ghana, Guinea, Jamaika, Jepang, Meksiko, Namibia, Norwegia, Palau, Portugal, dan Indonesia. 

PTT untuk ekonomi laut berkelanjutan ini bertujuan untuk mengarusutamakan kepentingan menjaga kesehatan laut untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

PTT ini  akan menghasilkan laporan rekomendasi kebijakan tata kelola kelautan untuk mencapai ekonomi kelautan yang berkelanjutan (sustainable ocean economy), sesuai target Sustainable Development Goals  (SDGs) 14 Life Below Water.

Laporan tersebut akan disampaikan pada pertemuan United Nations Ocean Conference 2020 ke II di Portugal untuk diadopsi sebagai  kebijakan internasional oleh PBB . 

Dalam sambutannya, PM Norwegia Erna Solberg mengemukakan tiga aspek penting untuk mencapai ekonomi laut berkelanjutan.

Pertama, pengetahuan yang mendalam tentang laut, yaitu bagaimana laut dapat memenuhi kebutuhan vital manusia seperti ketahanan pangan ( food security), lapangan kerja, komunitas yang berkelanjutan ( sustainable community), dan ketahanan terhadap ancaman dampak perubahan iklim.

Pengetahuan mendalam ini akan menjadi fondasi utama pekerjaan PTT guna mengidentifikasi ancaman terhadap laut dan status kesehatan ekosistemnya, serta potensi ekonomi industri kelautan, termasuk lapangan kerja yang dapat diciptakan, dan dampaknya terhadap ekosistem. 

Kedua, untuk memastikan transisi ke arah ekonomi laut yang berkelanjutan, PTT ini harus bersifat inklusif dan sejalan dengan prinsip-prinsip SDG 17 tentang Kemitraan Global untuk Mencapai Pembangunan Berkelanjutan.

"Oleh karena itu, Panel Tingkat Tinggi ini melibatkan pemerintah, dunia usaha, organisasi - organisasi lingkungan hidup, peneliti, dan pakar-pakar kelautan," ungkap Erna, seperti dikutip dari keterangan tertulis Jumat (28/9/2018).

Ketiga, perlunya pengelolaan laut yang komprehensif berdasarkan kajian ilmiah yang aktual. Untuk itu, PTT akan didukung oleh pakar-pakar dunia yang tergabung dalam Kelompok Ahli (Group of Experts), yang bertugas menyusun pandangan, mengidentifikasi solusi, dan mengembangkan strategi untuk menerjemahkan solusi konkret. 

Sementara itu, Presiden Republik Palau, Tommy E. Remengesau juga mengemukakan tiga poin penting mengenai PTT ini. Menurut dia, PTT adalah panel politik, bukan panel teknis, sehingga harus menciptakan dampak yang luar biasa yang dapat dirasakan oleh seluruh negara.

Selain itu menurut dia, PTT harus mendorong hasil yang konkret dan dapat dilaksanakan di lapangan, melalui dukungan politik yang kuat dan dukungan Kelompok Ahli ahli dunia, yang harus dapat dicapai dalam waktu 2 tahun. 

Selanjutnya ia berpendapat, PTT ini harus mampu berkontribusi dalam menerobos sekat-sekat yang ada yang terdapat dalam forum-forum kelautan internasional yang selama ini masih ada. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen

Wapres Jusuf Kalla turut memberikan sambutan dalam kegiatan tersebut. Jusuf Kalla menyebut laut adalah bagian dari sejarah, budaya, dan identitas Indonesia.

Oleh karena itu, laut merupakan salah satu elemen penting bagi Indonesia sebagai sumber pertumbuhan ekonomi, sumber energi, ketahanan pangan, dan kegiatan-kegiatan sosial. 

Namun laut Indonesia yang begitu berharga tersebut tengah menghadapi berbagai ancaman. Menurut Jusuf Kalla, ekosistem laut Indonesia terancam rusak akibat penangkapan ikan secara berlebihan akibat kebutuhan yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi masyarakat.

Selain itu ia berpendapat, pertumbuhan daerah yang tak terkendali juga telah menyebabkan kerusakan di berbagai wilayah pesisir. 

Hal ini diakibatkan oleh pemenuhan kebutuhan akan produk laut dan perikanan yang terus meningkat tidak dilakukan secara berkelanjutan. Untuk itu, Indonesia tengah mengupayakan langkah-langkah menjaga dan mengembalikan kesehatan laut. 

"Indonesia telah melaksanakan berbagai upaya untuk mengembalikan kesehatan laut di antaranya penegakan hukum terhadap praktik Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing, penetapan target mengurangi 75 persen sampah plastik di laut yang akan dicapai pada tahun 2025, dan mencanangkan 20 juta hektar kawasan konservasi laut ( marine protected areas)," papar Jusuf Kalla.

Ia berharap, PTT ini dapat menjadi wadah guna menyinergikan komitmen-komitmen politik terkait pembangunan kelautan yang berkelanjutan oleh berbagai forum-forum global, seperti forum UN Ocean Conference dan Our Ocean Conference (OOC). Ia juga menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antara pemangku kepentingan untuk mengembalikan kesehatan laut. 

Dia menuturkan, OOC dan Archipelagic Island States Forum merupakan forum yang  sangat tepat untuk memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi melindungi ekosistem laut. Untuk itu, ia mengundang para Kepala Negara untuk hadir di Our Ocean Conference 2018 di Bali  29-30 Oktober 2018 dan Archipelagc Island States Forum di Manado tanggal 1-2 November 2018.

"Kami mengundang para pemimpin negara untuk hadir dan menyatakan komitmen untuk melindungi ekosistem laut dalam dua forum yang akan diselenggarakan di Indonesia, yaitu Our Ocean Conference 2018 di Bali tanggal 29-30 Oktober mendatang dan Archipelagic Island States Forum di Manado pada tanggal 1-2 November 2018 ini," kata dia.

Pertemuan PTT ini dilanjutkan dengan pertemuan sherpa  pada Rabu 26 September 2018 di New York, dengan agenda utama pembahasan kerja dalam 2 tahun ke depan. Kegiatan tersebut dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.