Sukses

Ini 3 Tips Dongkrak Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

Jangan sampai gagal di wawancara kerja karena kurang percaya diri. Baca tiga tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Bila kamu gugup dan tidak percaya diri saat wawancara kerja, maka pihak perusahaan otomatis pihak perusahaan akan ikut tidak percaya diri dengan kapabilitas kamu.

Tak perlu merasa sendirian, banyak para pelamar yang merasa hal demikian. Mereka yang tampak percaya diri pun bisa percaya diri karena telah melakukan persiapan yang mumpuni.

Jangan sampai kamu memiliki kualifikasi yang mumpuni tetapi kalah di proses wawancara kerja akibat kurang kepercayaan diri. Akibatnya, kamu kalah unggul dengan mereka yang lebih lihai berkomunikasi.

Namun, jangan khawatir. Ada tiga langkah sederhana untuk membangun kepercayaan diri, terutama sebelum wawancara kerja dalam meraih karier impian. Dirangkum dari Forbes, berikut tiga caranya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pelajari Perusahaan dan Jabatan yang Kamu Incar

Laksanakan penelitian dan lakukan observasi intens dan mendalam terhadap perusahaan itu: mengenai produknya, pelayanannya, dan juga orang-orang yang akan kamu temui dalam wawancara. Sebagai tambahan, hal ini bisa kamu lakukan juga lewat media sosial.

Pelajari semua deskripsi pekerjaan dan segala keampuan, latar belakang, dan pendidikan yang dieprlukan. Lalu periksa kemampuanmu sendiri, dan kemudian telusuri mengapa dirimu tepat untuk pekerjaan ini.

3 dari 4 halaman

2. Prediksi Pertanyaan yang Akan Ditanya

Sembari melakukan penelitian ekstensif mengenai calon tempat kamu bekerja, jangan lupa latihan wawancara. Terus latihan sampai kamu bisa berbicara secara alami di hadapan pewawancara.

Ini bisa kamu lakukan bersama teman, atau latihan sendirian. Perkirakan pertanyaan apa saja yang akan ditanyakan, kemudian pikirkan jawabannya. Kamu pasti akan lebih mantap ketika hari H, dan rasa takut berkurang.

4 dari 4 halaman

3. Kedepankan Pikiran Positif

Semua orang pasti punya hal negatif di masa lalu. Gantikan negativitas tersebut dengan segala hal positif yang telah kamu raih dalam karier.

Setiap kali pemikiran negatif datang menyerang, langsung lawan dengan hal-hal positif dan nyata yang bisa kamu sumbangkan kepada kantor baru kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.