Sukses

Kementan Perkuat Kemitraan dengan DPD RI

Kementerian Pertanian jalin kemitraan dengan anggota Komite II DPD RI melalui pertemuan audiensi yang dilakukan hari ini di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian jalin kemitraan dengan anggota Komite II DPD RI melalui pertemuan audiensi yang dilakukan hari ini di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta. Selain membahas mengenai Rencana Program Kerja Kementerian Pertanian tahun 2019 pertemuan tersebut juga mengulas capaian dan tindak lanjut yang akan dilakukan Kementan menuju cita-cita besar mewujudkan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia 2045.

“Tadi kita diskusi tentang capaian dan apa saja yang harus kita lakukan ke depan, mungkin nanti bersama Dirjen atau Direktur kami dapat mendampingi anggota Komite II DPD RI di lapangan agar betul-betul dikawal sehingga mimpi kita untuk menjadi lumbung pangan dunia dapat menjadi kenyataan kedepan,“ ujar Menteri Pertanian, Amran Sulaiman

Pada pertemuan tersebut Mentan menuturkan beberapa perubahan kebijakan dan regulasi saat menjabat sebagai Menteri Pertanian. Salah satunya adalah perubahan anggaran Kementan yang dialokasikan penuh untuk sarana dan prasaran petani hingga 19,3 Triliun tahun 2018.

Selain itu Mentan menyampaikan kepada seluruh anggota Komite II DPD RI bahwa capaian Kementan khususnya ekspor pertanian naik 24% dan 6 komoditas strategis pertanian sudah berhasil ekspor yang dulunya tidak Ekspor serta kenaikan nilai investasi pertanian 14.2 % atau setara dengan 45,9 T.

“Kami akan memberikan bantuan dan melayani rakyat, karna kita ditakdirkan untuk melayani rakyat 24 jam, kami juga akan bersinergi dengan baik dengan DPD RI untuk mencapai target lumbung pangan dunia 2045, “ tegas Mentan

Dalam kesempatan tersebut Ketua Komite II DPD RI, Aji Muhamad Mirza Wardana menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Mentan serta jajaranya atas kesempatan audensi dengan anggota Komite II DPD RI, beliau berharap dapat mengetahui program kerja Kementan dan permasalahan pangan di Indonesia saat ini.

“Kami melakukan koordinasi dengan Mentan beserta jajarannya dan kita menyampaikan aspirasi dari masyarakat daerah karena kami mewakili daerah, kami siap mensuport jalannya program program Kementan di daerah kami masing-masing agar tepat sasaran dan berjalan dengan baik, “ kata Aji Muhamad.

 

Lebih lanjut Aji mengatakan bahwa Komite II DPD RI mengapresiasi secara baik terhadap program yang sudah dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian dan menganggap program tersebut berhasil dan berlangsung secara luar biasa.

Dalam kesempatan tersebut Aji juga menyatakan bahwa DPD RI yang memiliki tugas sebagai pengawas regulasi siap mendukung Kementan khususnya terhadap program-program yang melibatkan daerah karena mereka dapat bersentuhan dengan masyarakat secara langsung di daerah.

“Kami akan berkomitmen untuk terus mendukung Kemitraan antara DPD RI dan Kementan dalam mendorong anggota kami di daerah agar turut serta berpartisipasi mensukseskan program pertanian di daerah, “ tegas Aji.

Pada kesemptan yang sama Wakil Ketua DPD RI, Parlindungan Purba memberikan dukungan terhadap kinerja Mentan beserta jajaranya yang telah bekerja keras dalam mewujudkan ketahanan pangan.

“ Saya melihat kebijakan Kementan yang pro terhadap petani, dan juga terkait kebijakan impor saya sepakat untuk mengurangi impor dalam rangka mewujudkan ketahanna pangan, “ ujar Parlindungan.

Parlindungan juga menyebutkan bahwa Kementan telah berhasil menjaga harga -harga bahan pangan pokok menjelang hari raya Idul Fitri dan hal ini berkat kerjasama dengan permerintah daerah. Terkait dengan keberhasilan ekspor dibeberapa komoditas yang dilakukan Kementan, beliau juga turut mengapresiasi hal tersebut.

“Mentan adalah sosok pekerja keras dan peduli terhadap petani, sesuai dengan nawacita Presiden RI yaitu mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani, “ ucap Parlindungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini