Sukses

Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Rabu Ini pukul 00.01 WIB

Dalam kicauannya, BKN menyatakan peserta dapat melakukan pendaftaran di instansi yang telah membuka pendaftaran.

Liputan6.com, Jakarta Kabar terbaru bagi yang ingin ikut mendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan pembukaan pendaftaran CPNS 2018 paling cepat pada Rabu, 26 September 2018 pukul 00.01 WIB.

"Jadwal pembukaan pendaftaran CPNS berdasarkan setting yang dilakukan oleh masing-masing instansi melalui SSCN," ujarnya seperti dikutip dari akun Twitter BKN @BKNoid.

Dalam kicauannya, BKN menyatakan jika peserta dapat melakukan pendaftaran di instansi yang telah membuka pendaftaran. Dengan catatan, formasi telah direkam ke dalam SSCN dan telah diverifikasi BKN.

Sementara, bagi instansi yang belum memenuhi ketentuan ini, lanjut akun @BKNgoid, maka pilihan instansi tersebut belum muncul dan belum dapat dipilih oleh calon pendaftar.

"Pada tanggal 26 September 2018, seluruh calon peserta dapat membuat akun terlebih dahulu, sebelum mendaftar di instansi yang telah siap menerima pendaftaran," tulis akun Twitter tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Salah, Begini Cara Mencari Formasi CPNS di Laman Sscn.bkn.go.id

Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini begitu menyedot perhatian masyarakat luas. Calon pelamar sudah bisa melihat pengumuman formasi CPNS di laman sscn.bkn.go.id sejak 19 September 2018.

Namun begitu, rupanya tidak sedikit para pelamar yang masih kebingungan saat mencari formasi yang hendak dilamar pada portal tersebut.

Menanggapi hal ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui akun resmi Twitter-nya @BKNgoid coba memberi petunjuk untuk bisa menginput kualifikasi pendidikan sesuai dengan kata kunci yang tepat.

Diinformasikan bahwa sistem SSCN tidak mampu membaca keyword pencarian yang salah. Sebagai contoh, pelamar tak akan menemukan hasil bila mengetik kata kunci latar belakang pendidikan seperti 'SMA', 'D3' atau 'S1'. Hasil baru akan keluar jika calon pelamar menuliskannya seperti ini; 'SLTA', 'D-III', 'D-IV', S-1', dan seterusnya.

Selain itu, bagi yang ingin lebih rinci mencari formasi sesuai domisili yang diinginkan, bisa coba dengan menginput nama daerahnya untuk kemudian mencari formasinya setelah hasil pencarian keluar.

Adapun nama jabatan dan instansi tak perlu diketik, sebab kerapkali kata kunci yang dipakai berbeda dengan penulisan resmi di dalam formasi.

BKN melalui akun Twitter-nya pun coba menjawab keluh kesah warganet yang sering kecewa lantaran SSCN belum bisa menampilkan formasi CPNS pada suatu instansi.

Kasus ini terjadi sebab banyak kementerian/lembaga (K/L) atau pemerintah daerah yang kedapatan telah mengumumkan formasi akhir CPNS 2018 pada situs resminya, tapi belum dapat tertampilkan di situs sscn.bkn.go.id.

Solusinya, calon pelamar dapat menghubungi pihak instansi terkait dengan mengecek call center-nya pada situs SSCN, untuk kemudian klik layanan call center.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini