Sukses

Berkunjung ke Kantor Sri Mulyani, Menteri Inggris Jelaskan Dampak Brexit

Pemerintah Inggris berkomitmen penuh terhadap climate change (perubahan iklim ekonomi).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menerima kunjungan Menteri Muda Inggris Bidang Ekonomi, Jhon Glen, di Kantornya, Jakarta, pada Senin (24/9/2018). Dalam pertemuan tersebut, salah satu yang dibahas adalah mengenai proses Brexit (British Exit).

Sri Mulyani menyebutkan dalam pertemuan tersebut, Jhon Glen meyakinkan pemerintah RI bahwa proses Brexit tidak memberi dampak negatif pada perekonomian Inggris, terutama kota London.

"John Glen mengatakan bahwa dari Inggris, proses Brexit itu meyakinkan bahwa London sebagai pusat keuangan dunia masih akan tetap menarik dan kompetitif sehingga mengharapkan kerjasama dengan Indonesia masih akan tetap dipertahankan, bahkan diperkuat," kata Sri Mulyani.

Dia menjelaskan, pemerintah Inggris berkomitmen penuh terhadap climate change (perubahan iklim ekonomi) dan berbagai macam produk yang selama ini dilakukan seperti insurance green serta sukuk bond.

"Yang waktu itu dilakukan diapresiasi dan kita juga minta kalau komitmen Inggris terhadap climate change, juga dapat mendukung program climate change yang ada di Indonesia," ujarnya.

Dia melanjutkan, John Glen juga menyampaikan mengenai proses brexit mengani bagaimana komplikasi proses tersebut terhadap hubungan ekonomi Inggris dengan Eropa.

"Menjelaskan bagaimana komplikasi dari proses ini baik dalam hubungan dengan Europe maupun internal dengan kabinet sendiri dan meyakinkan kepada kita bahwa Inggris akan terus bekerja agar mereka jadi negara yang connect untuk Eropa dan negara lain, Indonesia dianggap sebagai negara yang cukup besar dan penting. Oleh karena itu mereka khusus datang kesini, untuk meyakinkan dan publikasikan mengenai situasi yang ada."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bursa London Masih Kompetitif

Sri Mulyani menyatakan, pihak Inggris juga meminta agar Indonesia tetap memandang bursa saham London tetap kompetitif di pasar keuangan.

"Mereka akan terus meminta dan menyampaikan bahwa London Stock Exchange tetap yang masih high kompetitif, oleh karena itu diharapkan kalau dalam planning financing Indonesia ke depan di harapkan London masih menjadi suatu basis," tutupnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini