Sukses

Bandara Ngurah Rai Siap 100 Persen Sambut Pertemuan IMF-World Bank 2018

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan 50 bus untuk mengangkut tamu undangan dari luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan seluruh persiapan dan fasilitas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali telah siap dalam menyambut pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018, Oktober mendatang.

General Manager Bandara I Gustu Ngurah Rai Yanus Suprayogi mengatakan, untuk menyambut para tamu ajang pertemuan tersebut, pihaknya melakukan lima pengerjaan pengembangan fasilitas di bandara tersebut. Pengerjaan ini sudah dimulai sejak awal tahun.

"Sampai hari ini sudah selesai untuk fasilitas yang digunakan," ujar dia di Denpasar, Bali, Senin (24/9/2019).

Lima pengerjaan yang dilakukan antara lain desain dan pembangunan apron barat seluas 8 hektar (ha) dengan 6 parking stand. Kemudian, pembangunan apron timur dan pemindahan sewagetreatment plant, pembangunan gedung VVIP, Base Ops TNI dan penggantian line maintenance airlines.

Selanjutnya, pembangunan counter check in penumpang di terminal kedatangan serta pembangunan gedung parkir mobil bertingkat sehingga total kapasitas parkir menjadi 3.463 unit kendaraan.

"Namun ada prosedur yang harus dilalui untuk penggunaannya, termasuk verifikasi dan rangkaian upacara. Itu harus dilakukan. Besok sudah bisa dipakai. Tapi semua untuk target IMF-World Bank sudah bisa," kata dia.

Dengan berbagai pembangunan ini dan penataan di sejumlah lokasi, lanjut dia, kapasitas di Bandara I Gusti Ngurah Rai semakin meningkat. Seperti, jam operasi bandara dari 19 jam menjadi 24 jam, jumlah counter check in internasional bertambah dari 96 unit menjadi 126 unit, apron utara dengan 47 parking stand dari 37 parking stand dan apron selatan dari 53 parking stand menjadi 63 parking stand.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenhub Siapkan 50 Bus Angkut Delegasi IMF-Bank Dunia

Sebelumnya, Dalam rangka menyambut pelaksanaan Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) 2018 di Nusa Dua, Bali, pada 8-14 Oktober mendatang, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan 50 bus untuk mengangkut tamu undangan dari luar negeri.

Pada acara yang berlangsung kurang lebih selama sepekan tersebut, Pulau Dewata diprediksi harus bersiap menerima kehadiran lebih dari 15 ribu pengunjung yang berasal dari 189 negara anggota IMF. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan, bus merupakan moda transportasi andalan untuk antar-jemput tamu negara pada perhelatan besar yang dalam waktu dekat ini banyak diselenggarakan di Indonesia.

"Sama seperti sekarang ini, untuk yang Asian Para Games (2018), saya siapkan sekitar 100 bus. Kita juga sudah pengalaman kemarin pas Asian Games (2018). Asian Games kita kan cukup banyak kendaraan pengantarnya," tutur dia di Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Begitu juga untuk ajang IMF-WBG, dia menambahkan, pemerintah telah menyediakan sekitar 50 bus. "Sudah kita rapatkan kemarin, di Bali kalau tidak salah ada 50 bus yang akan melayani pengantaran (tamu), misal dari hotel ke tempat acara," sambungnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menekankan bahwa pertemuan IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali, ini akan menjadi ajang unjuk gigi kekuatan ekonomi negara-negara Asia, termasuk Indonesia, kepada dunia.

Tak hanya itu, Bali selaku tuan rumah juga akan mendapat keuntungan dengan membanjirnya penduduk mancanegara yang akan berkumpul di sana pada bulan depan. Diperkirakan, acara ini mampu menggenjot pertumbuhan ekonomi Pulau Dewata pada kisaran angka 5,9-6,3 persen.

Lebih lanjut, Budi Setiyadi menyampaikan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub pada Senin (24/9/2018) besok, akan mengundang seluruh Kepala Dinas Perhubungan serta Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) seluruh provinsi untuk membicarakan perluasan penerapan kebijakan ganjil-genap.

"Saya akan kumpulkan dan menyampaikan succes story bagaimana Jakarta mengelola manajemen lalu lintas dengan pola ganjil-genap. Harapan kita, sudah saatnya kota-kota lain juga melakukan ini," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.