Terkuak, Ini Rahasia Sukses 5 Miliarder Dunia

Oleh Liputan6.com pada 02 Okt 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 02 Okt 2018, 21:13 WIB
Ilustrasi Orang sukses

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang mendefinisikan kesuksesan itu dengan gaji besar dan tingginya jabatan. Oleh karena itu, banyak orang yang merasa gagal karena belum meraih kedua hal ini dalam hidupnya.  

Sesungguhnya, definisi sukses itu luas. Swara Tunaiku membeberkan definisi sukses dari para miliarder dunia yang tak melulu soal uang dan jabatan. Siapa saja?

1. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey yang sukses menjadi presenter kenamaan, ternyata telah menunjukkan bakat public speaking sejak kecil. Sejak Oprah mulai bekerja sebagai penyiar radio, kariernya kian cemerlang.

Turning point karier Oprah terjadi saat dia menjadi pembawa acara talk show di televisi dan berhasil memiliki acara sendiri yang bernama “The Oprah Winfrey Show”.

Di balik kesuksesan karier, Oprah memiliki masa kecil yang menyedihkan. Dia pernah mengalami pelecehan seksual hingga membuatnya terpuruk dalam waktu yang lama.

Untungnya, sang ayah selalu memberi dukungan dan kasih sayang sehingga bisa membuatnya bangkit. Menurutnya, seseorang harus fokus pada hasil yang konsisten dan memuaskan saat bekerja, bukan pada kesuksesan. Dan terpenting, kita harus tahu bakat diri sendiri.

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

2 dari 3 halaman

2. Steven Spielberg

[Bintang] Steven Spielberg
Dalam sebuah wawancara dengan Hollywood Reporter, sutradara kondang ini melakukan perbandingan dalam perdebatan seputar acara penghargaan bergengsi tersebut. (Bintang/EPA)

Steven Spielberg adalah salah satu contoh sutradara sukses di dunia perfilman Hollywood. Semua kesuksesan yang ia capai merupakan hasil dari kerja keras dalam waktu yang lama. Sebelum dinobatkan sebagai pembuat film terbaik di Amerika dan dunia, ia sudah terjun ke dunia perfilman selama hampir empat dekade.

Menurut pengakuan dari pemilik studio film DreamWorks ini, kesuksesan memang mendatangkan uang. Namun, setelah lama berjuang, uang tidak lagi menjadi tujuan hidupnya. Masih sedikit orang yang menyadari kalau kesuksesan itu tidak selamanya berkaitan dengan uang.

 

3. John Paul DeJoria

Lahir dari keluarga kurang mampu, membuat pengusaha produk rambut ini memiliki perjalanan hidup yang berliku. Untuk menghidupi keluarganya, ia sudah bekerja sejak berusia 9 tahun. Tak berhenti di sini, ia sempat menjadi tuna wisma dan gelandangan saat masih muda.

Segala keterbatasan yang ada, membuatnya makin semangat untuk berjuang. Setelah berjuang bertahun-tahun, ia sukses memiliki kekayaan USD3,2 miliar sebagai seorang pengusaha produk rambut terkenal.

Apapun kondisinya, John selalu berusaha untuk rendah hati. Ia meyakini bahwa memamerkan segala proses dalam meraih sukses tidak ada gunanya. Menurutnya, lebih baik kita fokus pada cara bekerja untuk meraih sukses tanpa memamerkannya pada orang lain.

3 dari 3 halaman

4. Mark Cuban

[Bintang] Mark Cuban
Mark Cuban, seorang triliuner mendukung Hillary Clinton untuk menjadi presiden. Mengetahui hal itu, Donald Trump mengatakan bahwa Mark adalah pria bodoh. (CNBC)

Cuban yang telah menggeluti dunia bisnis sejak berusia 12 tahun ini adalah seorang investor dan pengusaha dari Amerika. Pada awal bisnisnya, ia menjual kantong sampah karena ingin membeli sepatu basket dengan harga yang mahal. Menjual surat kabar dari Clevelanda ke Pittsburg pun pernah ia jalani saat berusia 16 tahun.

Definisi sukses dari Cuban adalah Anda bisa tersenyum setiap bangun di pagi hari dan mensyukuri segala hal yang Anda miliki saat itu. Kita bisa sukses dengan cara paling sederhana.

 

5. Bill Gates

Bill Gates adalah sosok kuat dibalik kesuksesan perusahaan Microsoft. Kesuksesan Microsoft sukses mengantarkan Bill Gates menjadi orang terkaya di dunia pada tahun 1996—2004.

Bill Gates telah mengalami asam-garam dunia bisnis ketika berusaha mempertahankan Microsoft. Ia sering melakukan kesalahan bisnis hingga berurusan dengan hukum karena dugaan monopoli Microsoft.

Dari Bill Gates, kita bisa memetik pelajaran bahwa kegagalan adalah bagian dari kehidupan. Meskipun sudah sukses, ada kalanya kita harus menghadapi kegagalan. Satu lagi, jangan pernah merasa jenuh untuk terus belajar.  

Lanjutkan Membaca ↓