5 Kiat Mengontrol Keuangan saat Ada Diskon Besar-besaran

Oleh Fitriana Monica Sari pada 02 Okt 2018, 10:00 WIB
20151020-Ilustrasi-Belanja-di-Pusat-Perbelanjaan

Liputan6.com, Jakarta- Diskon besar-besaran memang jadi surga bagi banyak orang. Terlebih, mereka yang punya hobi belanja. Tidak jarang, begitu masuk mal dan melihat tulisan diskon hingga 90 persen, kaki akan langsung melangkah ke pusat kerumunan. Padahal, alasan utama masuk mal tadi adalah ingin makan.

Sayangnya, hal seperti ini tidak menyehatkan isi kantong dan dompet. Biasanya, sampai rumah akan menyesal, ternyata barang yang dibeli tidak terlalu dibutuhkan. Uang pas-pasan yang tadi dibawa juga ludes begitu saja sampai mengeluarkan kartu kredit.

Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan terus-terusan terjadi. Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, berikut cara mengontrol keuangan saat diskon besar-besaran.

1. Bawa List Kebutuhan

Buat list kebutuhan urgent apa saja selama satu bulan setiap habis gajian. Dengan demikian, kamu pun jadi tahu apa saja yang perlu dibeli kalau lagi bepergian dan mana yang tidak perlu.

Kamu bisa mencatatnya di smartphone. Berpatoklah dengan daftar itu dan jadikan sebagai alat kontrol ketika hasrat belanjamu bergejolak.

 

* Liputan6.com yang menjadi bagian KapanLagi Youniverse (KLY) mengajak Anda untuk peduli korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Yuk bantu Sulawesi Tengah bangkit melalui donasi di bawah ini.

 

 

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

2 of 3

2. Bawa Uang Pas

banner infografis gaji pns dki
Ilustrasi Gaji

Ini bisa jadi cara terbaik dalam mengontrol keuangan. Alangkah lebih baik lagi jika tidak membawa ATM dan kartu kredit saat jalan-jalan ke mal. Toh, akan sama saja bila sudah bawa uang pas tapi mempergunakan kartu kredit.

3. Pahami Fakta Gelap di Balik Diskon

Sudah jadi rahasia umum kalau barang yang didiskon itu dinaikkan berkali-kali lipat terlebih dahulu. Sayangnya, tetap saja hasrat belanja kita keluar saat melihat ada tulisan diskon.

Cobalah berpikir ulang, tidak selamanya kamu jadi orang yang konsumtif. Kapan kamu mulai meninggalkan kebiasaan boros ini jika tidak dimulai dari sekarang?

Sayang uangnya, rugi kerja banting tulang mengorbankan waktu jika hasilnya diludeskan dalam sekejap untuk membeli barang yang aslinya tidak mengalami penurunan harga.

3 of 3

4. Langsung ke Tujuan

Ilustrasi Food Court (Pixabay)
Ilustrasi Food Court (Pixabay)

Bila ingin hemat, cobalah untuk langsung menuju tempat tujuan begitu masuk mal. Jika lapar, langsunglah menuju food court, walau di tengah jalan tertulis diskon 90 persen. Memang susah, tapi kalau dibiasakan lama-lama menjadi mudah.

5. Genggam Aplikasi Keuangan di Smartphone

Tidak memungkiri saat sale besar-besaran, ada juga barang yang kamu butuhkan. Namun, jika tidak ada, pasti kamu juga memiliki dana cadangan yang dikhususkan untuk belanja.

Saatnya kamu mengecek pengelolaan keuanganmu. Biar tidak ribet harus buka dompet, sebaiknya pasang aplikasi pengaturan keuangan di smartphone. Cara ini terbukti lebih praktis dan mudah.

Bagaimana dengan 5 cara untuk mengontrol keuangan saat sale besar-besaran di atas? Sudah siapkah kamu untuk mempraktikkannya sekarang?

Lanjutkan Membaca ↓