Jurus Kurangi Keinginan Melihat Ponsel saat Bekerja

Oleh Liputan6.com pada 24 Sep 2018, 06:02 WIB
Anda Kecanduan Ponsel? Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Zaman sekarang, ponsel pintar (smartphone) seolah jadi 'separuh jiwa' kita. Tanpa ponsel, seolah ada sesuatu yang kurang dalam hidup. Wajar saja bila berjam-berjam waktu dihabiskan untuk menatap layar smartphone.

Keberadaannya menjadi sangat penting dalam hidup seseorang, baik untuk kebutuhan pribadi hingga pekerjaan. Ya, smartphone berfungsi untuk membantu hidup seseorang, mulai dari sekadar hiburan dengan aneka permainan online, bermedia sosial, hingga urusan yang serius.

Oleh karena itulah, tak jarang orang merasa kecanduan oleh smartphone. Jika dalam waktu senggang, tentu sah-sah saja bermain ponsel. Akan tetapi, tidak di saat sedang bekerja. Bisa-bisa produktivitas kerja Anda jadi terganggu.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara kurangi keinginan melihat ponsel saat bekerja:

Sapi Terobos Jalan Tol, Lalu Lintas Lumpuh
2 of 4

Buat Jadwal Cek Ponsel

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

1. Buat Jadwal Cek Ponsel

Nyatanya, alasan mengapa kita sulit sekali untuk disiplin waktu ketika mengakses smartphone disebabkan oleh faktor psikologis. Psychology Today mengungkapkan fakta bahwasanya otak kita cenderung lebih aktif tatkala menerima suatu informasi baru. Rasa penasaran pun semakin menjadi-jadi sehingga fokus Anda menjadi buyar.

Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah dengan cara menentukan waktu mengecek smartphone, bisa setiap satu hingga dua jam sekali, atau jika di kantor pada saat jam makan siang. Lakukan hal ini secara konsisten hingga Anda akan terbiasa dengan sendirinya. Dengan cara ini, fokus Anda pun tidak akan terbagi antara tugas kantor dan godaan ingin melihat ponsel.

2. Jauhkan Ponsel dari Jangkauan

Tips selanjutnya yang bisa Anda coba yakni dengan ‘menjauhkan’ ponsel kesayangan. Bukan maksudnya meninggalkan ponsel Anda di rumah atau resepsionis kantor, tapi setidaknya pada saat jam kerja, Anda bisa meletakkannya di tempat-tempat yang agak jauh dari jangkauan, semisal di tas kerja.

Dengan begitu, Anda pun tidak akan tergoda oleh keinginan membuka ponsel ketika ada notifikasi masuk dan meninggalkan tugas yang sedang dikerjakan. (Baca Juga: Tips Agar Kerja Anda Menjadi Produktif)

3 of 4

Atur Ponsel dari Dering ke Diam

Dimainkan Anak, Ponsel Ibu Asa Tiongkok Terkunci Selama 48 Tahun
(Foto: stevepb/Pixabay) Ilustrasi Iphone.

3. Atur Ponsel dari Dering ke Diam

Mau tidak mau, untuk mengurangi keinginan segera melihat ponsel seketika itu juga saat ada pesan atau notifikasi masuk, Anda harus mengatur ponsel dari dering ke diam (silent). Sehingga pendengaran Anda tidak akan terganggung oleh suara dari ponsel Anda yang bisa memecah konsentrasi saat bekerja. Telebih lagi bila ternyata hanya sebuah notifikasi media sosial.

4. Matikan Ponsel atau Pasang Mode Penerbangan

Jika dirasa sulit atau bingung ingin meletakkan smartphone di tempat yang jauh dari jangkauan, Anda bisa mematikan ponsel atau dengan cara mengaktifkan mode penerbangan (flight mode). Kendati cara yang terakhir agak kurang tepat karena seharusnya digunakan saat Anda sedang berada di pesawat terbang, namun bisa juga Anda coba.

Intinya, dengan tidak mengaktifkan ponsel untuk sementara, Anda akan 'dipaksa' tidak melihat smartphone sejenak. Berat memang, apalagi jika Anda sudah kecanduan. Akan tetapi, kapan lagi Anda mau terhindar dari yang namanya kecanduan ponsel yang nantinya menjadikan Anda manusia tidak produktif?

 

4 of 4

Hindari Cek Pesan Kantor saat Libur

Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)
Ilustrasi main ponsel sebelum tidur (iStock)

5.  Hindari Cek Pesan Kantor saat Libur

Ini berlaku saat weekend atau hari libur nasional. Nyatanya, pekerjaan pun acap kali membuat kita harus mengakses smartphone. Entah pesan singkat dari atasan, atau surel dari klien. Jika dirasa tidak mendesak, Anda punya hak untuk mengabaikannya. Ingat, hari libur adalah saatnya Anda harus istirahat dari rutinitas pekerjaan. (Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus SMA/SMK)

6. Hapus Aplikasi Media Sosial untuk Sementara

Media sosial mungkin jadi 'racun' terbesar yang membuat kecanduan terhadap smartphone. Oleh sebab itu, Anda bisa mencoba cara yang satu ini. Saat jam kerja, Anda bisa uninstall terlebih dahulu semua aplikasi media sosial yang ada. Setelah jam kerja berakhir, sebelum Anda bisa mengunduhnya kembali.

 

Jadilah Produktif dan Bertanggung Jawab

Segala sesuatu yang berlebihan pastinya tidaklah baik, termasuk berlebihan dalam menggunakan smartphone. Tidak hanya secara medis, bermain ponsel terlalu lama juga merugikan secara psikologis, yakni produktivitas jadi berkurang. Mari kurangi intensitas bermain smartphone mulai dari sekarang. Jadilah pekerja yang produktif dan bertanggung jawab. (Felicia Margaretha)

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓