Sukses

BEI Suspensi Saham Mahaka, Ini Respons Direksi

Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali membekukan saham PT Mahaka Media Tbk pada 19 September 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali membekukan saham perusahaan milik Erick Thohir yaitu PT Mahaka Media Tbk (ABBA) pada Rabu 19 September 2018. Itu merupakan kali ketiga saham ABBA dihentikan oleh BEI. 

Kepala Divisi Pengawasan Transaksi Saham BEI, Lidya Panjaitan, menuturkan penghentian sementara saham perusahaan disebabkan harganya naik 34,48 persen dari Rp 145 menjadi Rp 185 pada 18 September lalu. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Mahaka Media Tbk, Adrian Syarkawie membantah, melonjaknya saham perusahaan ditengarai lantaran Erick Thohir sebagai pemilik Mahaka Media, resmi ditunjuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Kata dia, melejitnya saham ABBA disebabkan faktor eksternal.

"Kita selalu memantau pergerakan saham, dari hasil pantauan kami, saham ABBA naik karena faktor eskternal," tutur dia di Gedung BEI, Kamis (20/9/2018).

Adrian menambahkan, dalam waktu dekat, perusahaan belum ada rencana untuk melakukan aksi korporasi. Dia menuturkan, perusahaan akan senantiasa mengikuti peraturan yang berlaku dari BEI. "Perseroan hingga kini masih belum memiliki aksi rencana apapun dan dalam bentuk apapun," ujar dia.

"Perusahaan tidak memberikan informasi resmi ataupun tidak resmi kepada pihak manapun yang kiranya dapat mempengaruhi nilai perseroan," tambah dia. 

Berdasarkan data RTI, pada periode 17-19 September 2018, saham ABBA naik 34,48 persen ke posisi Rp 195 per saham. Nilai transaksi harian saham Rp 55,3 miliar. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 12.988 kali.

Kalau dilihat sepanjang tahun berjalan 2018, saham ABBA melonjak 290 persen ke posisi Rp 195 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 125.629 kali dengan nilai transaksi harian Rp 256,5 miliar.

Berdasarkan data BEI, pemegang saham perseroan antara lain PT Beyond Media sebesar 54,33 persen, Abbey Communication sebesar 10,27 persen, Muhamad Lutfi sebesar 8,46 persen, masyarakat sebesar 26,94 persen, dan Harry Zulnardy sebesar 1,45 persen. Sedangkan Erick Thohir menduduki posisi sebagai Komisaris Utama di PT Mahaka Media Tbk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menguat 190 Persen, BEI Setop Sementara Perdagangan Saham Mahaka

Sebelumnya, manajemen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan saham (suspensi) PT Mahaka Media Tbk (ABBA) pada perdagangan Senin 17 September 2018.

Mengutip keterangan dalam keterbukaan informasi BEI, suspensi dilakukan dalam rangka cooling down. Hal ini mengingat saham ABBA melonjak signifikan selama sepekan.

Berdasarkan data RTI, saham ABBA melonjak 190 persen pada periode 10-14 September 2018. Saham ABBA naik 190 persen ke posisi Rp 145 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 32.563 kali dengan nilai transaksi Rp 89,2 miliar.

Penghentian sementara perdagangan saham ABBA itu dilakukan di pasar regular dan tunai yang bertujuan memberikan waktu memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham ABBA.

"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Perseroan," ujar Kadiv. Pengawasan Transaksi BEI Lidia M.Panjaitan.

Kemudian BEI juga suspensi saham ABBA pada 19 September 2018 di pasar reguler dan tunai. Bursa pun imbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.