Sukses

Jack Ma: Tensi Dagang AS-China Bisa Sampai Dua Dekade

Miliarder pendiri Alibaba, Jack Ma, menyebut perang dagang AS dan China yang tengah memanas bisa berlangsung hingga 20 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Bos Alibaba Jack Ma mengatakan jika perang dagang antara Amerika Serika (AS) dan China bisa berlangsung hingga dua dekade dan membuat kacau pihak-pihak yang terlibat.

Jack Ma menyampaikan hal ini beberapa jam setelah Washington mengumumkan kenaikan tarif barang impor China sebesar USD 200 milar. Kebijakan tersebut kemudian membuat Beijing mengancam akan melakukan serangan balasan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (20/9/2018), Ma mengatakan tensi dagang ini kemungkinan akan berdampak pada perusahaan China dan asing secara cepat dan berdampak buruk.

Dia memprediksi, pebisnis China akan memindahkan produksi mereka ke luar negeri dalam jangka menengah untuk mengakali tarif impor tersebut.

“Anda mungkin menang tempur, tapi Anda kalah perang,” ungkap Ma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Regulasi Perdagangan

Pada kesempatan yang sama, Jack Ma juga mengkritik aturan dagang negaranya. Dia mendesak agar para pemimpin negaranya melihat kebijakan tarif yang ditetapkan Trump sebagai kesempatan untuk memperbaharui regulasi.

“Bahkan jika Donald Trump pensiun, presiden baru akan datang, dan ini akan tetap berlanjut. Kita memerlukan aturan dagang baru, kita perlu meng-upgrade WTO,” katanya, mengacu pada Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization).

Hal ini ia sampaikan pada yang ia sebut sebagai pidato terakhirnya kepada para pemegang saham sebagai pemimpin perusahaan raksasa asal China.

3 dari 3 halaman

Pengaruhi Bisnis Alibaba

Walaupun dirinya mengelak spekulasi bahwa perang dagang yang tengah berlangsung berperan dalam pengunduran dirinya, Jack Ma mengakui perang tarif tersebut memengaruhi bisnis yang dia dirikan.

Saham Alibaba merosot sebesar 3,5 persen Senin (17/09/2018) kemarin. Namun, Jack Ma meyakinkan kepada investornya bahwa perusahaan berada di tangan yang benar di bawah kepemimpinan CEO baru Daniel Zhang. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.