Sukses

5 Pilar Atasi Stunting di Indonesia

Pilar kedua yaitu kampanye yang berisi konsolidasi dan edukasi bagi semua pihak yang terlibat.

Liputan6.com, Jakarta - Stunting (gagal tumbuh) atau kurang gizi kronis yang kerap disebut gizi buruk telah menjadi masalah serius yang tengah dihadapi Indonesia. Pemerintah getol melakukan berbagai program pengentasan stunting terutama di daerah.

Deputi Setwapres Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto menjelaskan, saat ini ada lima pilar penting yang harus dilakukan agar semua program pengentasan stunting bisa sukses berjalan.

Dia menyebutkan lima pilar penting penanganan stunting tersebut yaitu komitmen, kampanye, konvergensi program, akses pangan bergizi dan monitoring progam.

"Dari pengalaman negara lain memang komitmen pemerintah sangat penting makanya rapat-rapat stunting di bawah Presiden sendiri yang memimpin rapat," kata Bambang di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Pilar kedua yaitu kampanye yang berisi konsolidasi dan edukasi bagi semua pihak yang terlibat.

"Pilar yang sangat penting yang ketiga ini konvergensi tadi yang disampaikan berkali kali oleh Bank Dunia bahwa memang kelemahan kita tantangan kita terbesar adalah konvergensi dari program," ujarnya.

Bambang mengungkapkan, sudah banyak kementerian dan lembaga yang melakukan berbagai program untuk mengentaskan stunting. Namun program-program tersebut belum terintegrasi dengan baik.

"Ternyata kita ini punya berbagai macam forum resmi kita punya tapi kita nggak punya atau tidak punya tempat dimana kita bisa mempersatukan program tersebut."

Dia menjelaskan, kementerian dan lembaga terkait harus lebih sering duduk bersama agar konvergensi tersebut bisa terwujud.

"Saya ingin program-program kita semua itu ada di suatu kabupaten/desa apalagi kalau ditambanh dengan APBD. Jadi nih kelemahan yang berusaha kita sekarang ini ingin perbaiki."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Topang Program

Dia mencontohkan Kemenkes meluncurkan program unit spesifik dengan memberi obat cacing atau vitamin A gratis. Program tersebut tidak akan berhasil jika tidak ditopang oleh program lainnya.

"Selain program spesifik tadi ada program yang terkait dengan gizi sensitif misalnya air bersih atau sanitasi. Kita gak mungkin kasih obat cacing tapi sanitasinya jelek, percuma kita kasih obat cacing. Nah jadi bisa gak sih kita ini ada satu forum yang bisa memggabungkan perencanaan ini di depan sebelum program tersebut dilaksanakan."

"Sinkronisasi ini ternyata menjadi tantangan paling berat di negara kita ini dan konvergensi ini pada waktu rapat di tingkat wapres yang diminta untuk konvergensi adalah Bappenas dengan Kemendagri karena memang tugas Bappenas ini merencanakan."

Kemudian yang berikutnya adalah pilar keempat yaitu akses pangan bergizi.

"Pilar kelima adalah monitoring dan evaluasi. Monitoring kita lakukam bersama-sama KSP, TNP2K, Bappenas dan sebagainya. Karena ibu Menkes sudah beli vitamin A untuk semua masyarakat, sudah beli obat cacing untuk semua penduduk tetapi siapa yang memastikan ini diminum oleh orang-orang tersebut." tutup dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.