Sukses

BKN Pastikan Server Pendaftaran CPNS 2018 Kuat Menampung Beban

BKN meyakinkan server pendaftaran online CPNS 2018 pada portal sscn.bkn.go.id akan kuat menampung beban pelamar yang membeludak.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meyakinkan server pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) pada portal sscn.bkn.go.id akan kuat menampung beban pelamar yang membeludak.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan, mengatakan, pihaknya kini telah berkomitmen untuk menghindari kendala tersebut.

Dia menyebutkan, BKN telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk mengintegrasikan data terkait Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepada server yang dikelola BKN.

"Itu yang tengah kita komunikasikan. Jadi nanti yang akan terjadi seperti tahun lalu. Situs seakan loading, padahal sedang meminta data ke sana (Dukcapil)," jelas dia di Kantor Pusat BKN, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Tidak lupa, dia juga membagikan trik kepada calon pelamar agar lancar saat mengakses situs sscn.bkn.go.id pada saat mendaftarkan diri.

"Bagaimana triknya tentu peserta sudah tahu, mirip seperti saat saat proses pendaftaran SNMPTN/SMBPTN. Jadi misalnya yang Kristiani bisa ambil hari Jumat (pada saat kaum Muslim (pria) melaksanakan ibadah salat Jumat)," tutur dia.

Dia juga berusaha meyakinkan situs pendaftaran saat penerimaan CPNS 2018 akan kuat menampung lonjakan pengunjung. "Yang jelas tahun lalu kita tidak pernah tumbang. Padahal ada 2,4 juta pelamar dan tidak pernah tumbang. Memang dua hari awal bakal maintenance," ujar dia.

Kepada para calon pelamar, beberapa tips, dia berikan agar lebih mudah saat mengakses situs sscn.bkn.go.id, baik pada saat pengumuman formasi pada 19 September dan tahap pendaftaran pada 26 September.

"Pertama, jangan pakai smartphone karena ada beberapa yang tersembunyi. Kedua, cari koneksi internet yang stabil. Ketiga, setiap step ada konfirmasi. Jadi kalau enggak yakin cancel aja dulu, soalnya kalau udah konfirmasi enggak bisa diubah. Soalnya itu juga akan memengaruhi lokasi tes," kata Ridwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Situs Sscn.bkn.go.id Buat Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka

Sebelumnya, sesuai jadwal, Situs Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dapat diakses pada 19 September 2018 pukul 13.00 WIB. Situs ini hadir sebagai sarana integrasi segala data terkait seleksi CPNS.

"Jam 13.00 hari ini, siap-siap pantengin web BKN ya," ucap Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, Rabu 19 September 2018 di Kantor Pusat BKN.

Pelamar CPNS 2018 wajib mendaftarkan diri lewat SSCN sesuai ketentuan yang berlaku. Ini berlaku kepada pelamar untuk semua instansi.

Meski situsnya bisa diakses, tetapi pendaftaran menjadi CPNS baru terbuka paling cepat pada 26 September 2018. Namun, pihak BKN menyebut tanggal itu masih tentatif.

"Pendaftaran tanggal 26 nanti paling cepat. Masih belum fix, tapi diusahakan bisa cepat," ujar Ridwan.

Sementara itu, pada 19 - 26 September ini baru akan diumumkan jumlah formasi dari 76 kementerian dan 525 daerah.

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan jumlah formasi CPNS 2018 sebanyak 238.015 posisi. Berdasarkan perhitungan tersebut, 51.271 posisi akan ditempatkan di pusat, sementara 186.744 untuk instansi daerah.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.