Wisata ke Bulan, Miliarder Asal Jepang Akan Ajak Seniman

Oleh Tommy Kurnia pada 19 Sep 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 09 Okt 2018, 16:13 WIB
Miliarder Jepang Yusaku Maezawa

Liputan6.com, Jakarta - Pebisnis dan miliarder Yusaku Maezawa akan menjadi orang pertama yang akan terbang ke bulan meski dia bukan astronot. Ia tidak akan pergi sendiri, melainkan ditemani beberapa seniman.

Dikutip dari Business Insider, Rabu (19/9/2018), Maezawa telah membeli semua bangku penumpang Big Falcon Rocket, dan dia akan memilih enam sampai delapan seniman untuk menemaninya ke bulan. Belum diketahui siapa saja yang akan ia ajak.

Maezawa merupakan pendiri dari Zozotown, sebuah usaha ritel online di bidang pakaian. Pria 42 tahun itu juga merupakan pecinta dan kolektor seni.

Ketika muda, ia adalah pemain drum di sebuah grup rock indie bernama Switch Style, nama panggungnya kala itu adalah YOU X SUCK. Ia memutuskan tidak ingin menjadi pekerja kerah putih setelah melihat wajah-wajah letih dalam perjalanan kerjanya di pagi hari.

Pada tahun 2017 kemarin, Maezawa menjadi sorotan media karena membeli lukisan karya Jean-Michel Basquiat senilai USD 110 juta atau setara Rp 1,68 triliun bila disesuaikan dengan nilai dolar saat ini.

Berkat bisnis pakaian yang sukses dia kembangkan, Maezawa memiliki harta USD 3 miliar atau setara Rp 4,4 triliun (USD 1 = Rp 14.871). Dia pun telah akrab berkomunikasi dengan Elon Musk, pendiri SpaceX, terkait perjalanan ke bulan ini.

2 of 3

Proyek #DearMoon

Elon Musk menunjuk miliarder Jepang Yusaku Maezawa sebagai penumpang perdana perjalanan wisata ke Bulan (AP)
Elon Musk menunjuk miliarder Jepang Yusaku Maezawa sebagai penumpang perdana perjalanan wisata ke Bulan (AP)

CEO SpaceX Elon Musk akhirnya mengungkap siapa manusia pertama yang akan dikirimnya ke bulan menggunakan Big Falcon Rocket (BFR). Tak main-main, Musk memilih miliarder Jepang Yusaku Maezawa untuk terbang menjadi penumpang pertama SpaceX.

Sebagaimana dikutip The Verge, Maezawa merupakan miliarder pendiri Zozotown, retailer online pakaian terkemuka di Jepang.

Maezawa akan terbang mengelilingi bulan setidaknya pada 2023. Uniknya dia ingin membawa serta sejumlah seniman untuk mengubah seluruh perjalanan menjadi proyek seni bernama #dearmoon.

"Akhirnya, aku bisa mengumumkan kepada kalian bahwa aku terpilih untuk terbang ke bulan! Aku pergi ke bulan bersama seniman!" kata Maezawa memberikan pengumuman.

"Saya ingin mengundang 6 hingga 8 seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dalam perjalanan ke bulan. Para seniman akan diminta untuk membuat sebuah karya seni sekembalinya mereka ke Bumi," tuturnya.

Maezawa sendiri belum menentukan siapa saja seniman yang akan diajaknya berwisata luar angkasa. Namun dia menyebut, para seniman ini bisa mewakili berbagai bidang seni seperti pelukis, musisi, sutradara, dan lainnya.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by