Sukses

Kementerian ESDM Buka Lowongan CPNS 2018, Simak Cara Pendaftarannya

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) membuka seleksi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) membuka seleksi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 atau CPNS 2018.

Hal itu tertuang dalam pengumuman Nomor:0034 Pm/72/SJN.P/2018. Kementerian ESDM memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang berintegritas dan berdedikasi tinggi serta memenuhi syarat yang ditentukan untuk bergabung sebagai CPNS yang akan ditugaskan di unit kerja Kementerian ESDM.

Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi (alokasi penempatan) antara lain secretariat jenderal, direktorat jenderal minyak dan gas bumi, direktorat jenderal ketenagalistrikan, direktorat jenderal mineral dan batubara, direktorat jenderal energi baru terbarukan dan konservasi energi.

Selain itu, inspektorat jenderal, badan geologi, badan penelitian dan pengembangan energi dan sumber daya mineral, badan pengembangan sumber daya manusia energi dan sumber daya mineral, serta secretariat jenderal dewan energi nasional.

Kementerian ESDM membuka lowongan dengan alokasi formasi untuk CPNS 2018 sebanyak 65 orang. Dari alokasi tersebut , sebanyak 56 orang untuk kategori umum, sebanyak tujuh orang untuk kategori cum laude, satu orang untuk kategori diaspora dan satu orang untuk putra/putri Papua sebanyak satu orang.

Persyaratan Pelamaran:

1.Warga Negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2.Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena

3.Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS. Prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah.

5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan

6.Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar

7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia

8. Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik atau terlibat politik praktis.

9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari rumah sakit pemerintah/daerah setempat yang masih berlaku, wajib dilengkapi setelah pelamar dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persyaratan Pelamaran Selanjutnya

10.Bagi wanita dan pria diutamakan tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

11.Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 19 September 2018:

a.Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun 0 bulan 0 hari untuk formasi kategori umum, cum laude dan putra/putri Papua atau Papua Barat (Diploma IV/DIV dan sarjana/SI).

b. Minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari untuk formasi dengan kategori disabilitas (sarjana/SI), jabatan dosen dan pranata komputer ahli pertama (Magister/S-2).

12. Pelamar merupakan lulusan:

a. Diploma IV (D-IV) dengan sekolah tinggi/politeknik dan program studi yang terakreditas dalam BAN-PT pada saat lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75.

b.Sarjana (S-1) dengan perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditasi dalam BAN-PT pada saat lulus dengan IPK minimal 2,75. Khusus untuk pelamar dengan kategori putra/putrid Papua atau Papua Barat dengan perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditas dalam BAN-PT pada saat lulus dengan IPK minimal 2,50.

c.Magister (S2) dengan perguruan tinggi dan atau program studi yang terakreditasi dalam BAN-PT pada saat lulus dengan IPK minimal 3.00

d. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri wajib menyampaikan penyetaraan ijazah yang dikeluarkan oleh Kemenristek DIKTI, bagi pelamar yang tidak memiliki IPK diwajibkan menyertakan copy transkrip nilai dalam bahasa inggris.

Khusus pelamar cumlaude dari lulusan perguruan tinggi luar negeri, juga wajib menyampaikan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan cumlaude dari Kemenristek DIKTI,

e.Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti ijazah tidak berlaku

13.Khusus untuk pelamar dengan criteria cumlaude merupakan lulusan terbaik dari perguruan tinggi terakreditasi A/unggul dan program studi terakreditasi A/unggul pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude/pujian pada ijazah atau transkrip nilai.

14.Untuk semua jabatan dipersyaratkan melampirkan surat keterangan bebas buta warna dari rumah sakit umum pemerintah/daerah setempat.

15.Untuk semua jabatan dipersyaratkan melampirkan TOEFL ITP/paper based TOEFL/TOEFL prediction yang masih berlaku (periode penerbitan TOEFL) dikeluarkan pada 19 September 2016-10 Oktober 2018, dengan skor TOEFL minimal 450 (setara dengan computer based TOEFL minimal 133/internet based TOEFL minimal 45/TOEIC 405/IELTS 5.5).

Untuk putra/putrid Papua atau Papua Barat dan penyandang disabilitas tidak perlu melampirkan TOEFL ITP/paper based TOEFL/TOEFL prediction.

16. Khusus untuk pelamar dengan jabatan pranata komputer pertama diutamakan memiliki keahliaan:

a.programmer

menguasai salah satu framework PHP dan database (MariaDB, postgre SQL)

b.administrator jaringan

konfigurasi router dan konfigurasi basic command line Linux

c.Sistem analis

menguasai salah satu bahasa pemrograman dan unified modeling language.

17.Khusus untuk pelamar dengan criteria penyandang disabilitas wajib melampirkan surat keterangan disabilitas dari dokter

 

3 dari 3 halaman

Tata Cara Pendaftaran

Tata Cara Pendaftaran

1.Pelamar mengakses laman https://sscn.bkn.go.id untuk melakukan pendaftaran sampai mendapatkan kartu informasi akun SCCN 2018

2.Pelamar login ke portal SSCN menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP/NIK pada kartu keluarga (KK) dan nomor kartu keluarga yang telah didaftarkan.

3.Pelamar melengkapi biodata, memilih instansi Kementerian ESDM, jabatan dan kualifikasi pendidikan yang tersedia.

4.Pelamar mengunggah secara online dokumen persyaratan yang terdiri dari:

a.Hasil scan (pindai) KTP asli atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

b. Hasil scan (pindai) ijazah dan transkrip nilai asli.

c. swafoto (selfie) pelamar dengan memegang kartu informasi akun SSCN 2018 asli dan KTP asli terlihat dengan jelas/tidak buram.

d.Hasil scan asli akta kelahiran dan atau surat keterangan lahir yang bersangkutan dan diperkuat dengan surat keterangan dari kepala desa/suku yang menerangkan bahwa pelamar asli dari Papua atau Papua Barat berdasarkan garis keturuan orangtua (bapak atau ibu) asli dari Papua atau Papua Barat, khusus untuk pelamar jabatan pranata komputer ahli pertama dari kriteria pelamar putra/putrid Papua atau Papua Barat.

e. Hasil scan asli surat lamaran ditujukan kepada Menteri ESDM di Jakarta diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp 6.000, dan ditandatangani dengan pena bertinda hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id dan cpns.esdm.go.id)

f. Hasil scan asli surat pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermeterai Rp 6.000 dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena bertinta hitam (format surat pernyatan dapat diunduh di laman: https//sscn.bkn.go.id dan cpns.esdm.go.id

g. pas foto berlatar belakang warna merah berukuran 3x4.

h. Hasil scan asli surat keterangan bebas buta warna dari rumah umum pemerintah/daerah setempat.

i. Hasil scan asli sertifikat TOEFL ITP/paper based TOEFL/TOEFL prediction/computer based TOEFL/internet based TOEFL/TOEIC/IELTS yang masih berlaku.

j. Pelamar mencetak kartu pendaftaran SSCN Tahun 2018

k. Waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada 26 September 2018 hingga 10 Oktober 2018 (ditutup pukul 23.59 WIB).

 

Tertarik jadi PNS di Kementerian ESDM? simak persyaratan lengkapnya di sini 

 

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.