Sukses

Pekerjaan Pertama Jadi Penentu Masa Depan Karier Anda

Pekerjaan pertama bisa menentukan perjalanan karier Anda ke depan. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapat kerja dengan cepat setelah lulus tentunya menjadi keinginan setiap lulusan baru (fresh graduate). Namun, lulusan baru juga harus berhati-hati dalam memilih pekerjaan pertama. Nyatanya, pekerjaan pertama bisa mempengaruhi perjalanan kariermu.

Dikutip dari CNBC, Laporan Strada Institute for the Future of Work and Burning Glass Technologies mengungkapkan 40 persen lulusan sarjana mengambil posisi kerja yang tidak membutuhkan gelar. Berdasarkan hasil risetnya, lulusan baru yang pekerjaan pertamanya tidak membutuhkan gelar sarjana lima kali lebih mungkin tetap berada pada posisi serupa lima tahun kemudian.

Untuk keluar dari pola ini pun tidak selalu mudah. Hal ini dikarenakan perusahaan biasanya melihat pelamar berdasarkan pengalaman terakhir mereka.

“Anda harus strategis dalam memilih pekerjaan pertama,” kata Michelle Weise, Chief Innovation Officer di Strada Institute for the Future of Work.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekspektasi yang Tinggi

Menurut CEO Burning Glass Technologies Matt Sigelman, ekspektasi perusahaan juga kian meningkat. Bahkan pada posisi pemula (entry level), tuntutan bisa sulit untuk dipenuhi. Akibatnya, lulusan baru kesulitan mendapatkan pekerjaan yang sejalan dengan jurusan mereka.

Banyak perekrut yang secara mengejutkan begitu spesifik mengenai keterampilan yang harus dimiliki oleh pelamar. Sedangkan menurut Weise, tak banyak mahasiswa yang sudah menyiapkan diri untuk ketrampilan yang dituntut.

3 dari 3 halaman

Siapkan Diri

Sigelman mengatakan, pekerjaan pertama harus mulai dipikirkan sebelum lulus. Langkah yang dapat diambil untuk mengantisipasi hal tersebut bisa berupa mengambil kursus, mencari magang, ataupun bekerja saat masih duduk di bangku perkuliahan. Hal-hal ini dapat menunjukkan kesiapan Anda di mata perekrut.

Jurusan saat kuliah dapat menjadi salah satu faktor yang cukup penting, namun hal ini juga bergantung pada bidang pekerjaan yang lebih praktis. Yang lebih penting daripada itu ialah untuk memiliki keahlian yang Anda butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang yang Anda inginkan.

(Felicia Margaretha)   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.