Sukses

Wajib Tahu, Ini 9 Syarat Dasar bagi Pelamar CPNS 2018

Syarat-syarat ini menentukan siapa saja yang berhak ikut dalam seleksi CPNS 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah menetapkan sembilan syarat dasar bagi pelamar calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018. Syarat-syarat ini menentukan siapa saja yang berhak untuk melamar sebagai calon abdi negara.

"Jelang pembukaan rekrutmen CPNS 2018, banyak masyarakat yang mempertanyakan perihal siapa saja yang berhak untuk melamar menjadi CPNS. BKN mengumumkan siapa saja yang berhak melamar sebagai CPNS," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) ‎Mohammad Ridwan di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Sesuai Ayat (1) Pasal 23 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017, pada ‎prinsipnya setiap warga Negara Indonesia (WNI) mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi PNS, sepanjang memenuhi sembilan persyaratan yang telah ditetapkan, yaitu:

1) Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.‎

2) Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

3) Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4) Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5) Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.

6) Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.

7) Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar

8) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.

9) Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.

Namun demikian, batas usia sebagaimana dimaksud yaitu usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun dapat dikecualikan bagi jabatan tertentu yang ditetapkan Presiden, yaitu paling tinggi 40 tahun.

"Pada tanggal 19 September 2018, websscn.bkn.go.id akan diaktifkan namun informasi yang ditampilkan hanyalah formasi dan persyaratan setiap K/L/D. Pembukaan penerimaan CPNS 2018 melalui web tersebut akan diumumkan kemudian," tandas Ridwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Ikut Seleksi CPNS 2018? Cek Jadwal Simulasi di Wilayah Ini

Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menggelar simulasi seleksi kompetensi dasar CPNS 2018 dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Simulasi ini digelar di sejumlah daerah dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Dikutip dari akun Instagram @bkngoidofficial, Sabtu (15/9/2018), untuk wilayah Riau, simulasi CAT akan diselenggarakan pada 16 September 2018 di Area Car Free Day (CFD) pada Kanwil Kemenkumham Riau.

Untuk Pekanbaru, Simulasi akan dilaksanakan pada 19 September 2018 di Kantor Regional XII BKN Jalan Hangtuah Ujung Nomor 148 Pekanbaru.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui bit.ly/simulasicat2018.

Kemudian, untuk Yogyakarta dan Semarang, simulasi CAT akan dilaksanakan di Kanreg I BKN Yogyakarta dan UPT BKN Semarang pada 17 September 2018 untuk gelombang pertama, dan 18 September 2018 untuk gelomang kedua.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui online kanreg1bkn.id.

Sementara untuk wilayah Gorontalo, simulasi Aplikasi CAT untuk penerimaan CPNS 2018 akan digelar pada 20 September 2018 di Kantor UPT BKN Gorontalo, Jalan HDJ Rachman, Kelurahan Hopuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring di manado.bkn.go.id/uptgtlo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.