Sukses

Ingin Ikut Seleksi CPNS 2018? Cek Jadwal Simulasi di Wilayah Ini

Beberapa kota yaitu Riau, Pekanbaru, Yogyakarta dan juga Gorontalo akan mengadakan simulasi seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) kembali menggelar simulasi seleksi kompetensi dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Simulasi ini digelar di sejumlah daerah dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Dikutip dari akun Instagram @bkngoidofficial, Sabtu (15/9/2018), untuk wilayah Riau, simulasi CAT akan diselenggarakan pada 16 September 2018 di Area Car Free Day (CFD) pada Kanwil Kemenkumham Riau.

Untuk Pekanbaru, Simulasi akan dilaksanakan pada 19 September 2018 di Kantor Regional XII BKN Jalan Hangtuah Ujung Nomor 148 Pekanbaru.

Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui bit.ly/simulasicat2018.

Kemudian, untuk Yogyakarta dan Semarang, simulasi CAT akan dilaksanakan di Kanreg I BKN Yogyakarta dan UPT BKN Semarang pada 17 September 2018 untuk gelombang pertama, dan 18 September 2018 untuk gelomang kedua.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui online kanreg1bkn.id.

Sementara untuk wilayah Gorontalo, simulasi Aplikasi CAT untuk penerimaan CPNS 2018 akan digelar pada 20 September 2018 di Kantor UPT BKN Gorontalo, Jalan HDJ Rachman, Kelurahan Hopuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui online di manado.bkn.go.id/uptgtlo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibuka 19 September, Simak Jadwal Seleksi CPNS 2018

Pemerintah siap menggelar proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 dengan total formasi yang dibuka sebanyak 238.015. Adapun rinciannya, 51.271 formasi untuk pemerintah pusat (Kementerian/Lembaga) dan 186.744 formasi untuk pemerintah daerah (525 Pemerintah Daerah).

Dalam laman Instagram milik Badan Kepegawaian Negara (BKN), penerimaan CPNS 2018 mulai dapat diakses pada 19 September mendatang. Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) yang beralamatkan sscn.bkn.go.id pada saat itu juga akan siap diakses oleh para calon pelamar.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyatakan, membenarkan bahwa proses awal penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaru ini memang akan dibuka dalam waktu dekat. 

"Kami memang akan membukanya dalam waktu dekat ini, kalau dari jadwal 19 September nanti. Karena secara jadwal proses awal memang direncanakan dimulai pada September ini," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com pada Jumat 7 September 2018.

Namun, ia menggarisbawahi bahwa saat ini belum seluruh instansi telah memasukan formasinya ke dalam sistem SSCN. "(Pemerintah) pusat sudah input semua formasinya ke SSCN, tapi untuk yang daerah belum semua," sambungnya.

Dia juga mengatakan, BKN telah menyiapkan jadwal proses penerimaan CPNS hingga akhir yang targetnya bakal selesai tahun ini. Namun begitu, ia menyebut bahwa jadwal tersebut masih bersifat tentatif.

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap

Adapun secara jadwal, tahap pengumuman, pendaftaran dan verifikasi CPNS 2018 akan berlangsung antara September hingga tenggat waktu pekan kedua Oktober 2018.

Setelah itu, proses bakal berlanjut pada tahap pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang direncanakan berlangsung pada pekan ketiga Oktober sampai November 2018.

Pasca-menjalani serangkaian tes, para CPNS yang lolos proses seleksi akan diumumkan kelulusannya pada pekan keempat November.

Proses panjang rekrutmen CPNS 2018 pun akan berakhir penghujung tahun, ditutup dengan tahap pemberkasan yang direncanakan berlangsung pada Desember 2018.2 dari 3 halaman  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.