Sukses

Tips Sukses Bangun Perusahaan Ala Pegadaian

Menjalankan transformasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Teknologi Informasi Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono berbagi tips sukses kepemimpinam kepada 70 manager dari perusahaan nasional dan multinasional.

Teguh mengungkapkan, setiap perusahaan memerlukan transformasi untuk bisa menjadi yang terdepan. Untuk bisa melakukan transformasi memerlukan 4 unsur penting. Unsut pertama adalah harus jelas objeknya. Sedangkan untuk unsur kedua adalah harus ada pemimpin yang menggerakkan.

Untuk unsur ketiga semua pihak harus menghendaki dan terakhir atau keempat prosesnya harus dicatat supaya bisa dipelajari oleh semua orang dan menjadi sistem.

"Jadi jangan sampai transformasi digerakan oleh pemimpin yang ilmunya hanya melekat pada orangnya. Nanti kalau pemimpinnya pergi, transformasi tidak bisa dijalankan, karena bukan menjadi sistem," kata Teguh dalam sebuah acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

beruntung pegadaian memiliki ke 4 unsur karena dukungan dan semangat seluruh karyawan yang ikut tertular dari pemimpin.

Namun demikian, dia menekankan tentunya menjalankan transformasi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

"Perlu effort besar, keyakinan akan berhasil dan terus menerus melibatkan semua pihak agar perubahan ini benar benar berdampak hingga unit terkecil yang berada di pelosok negeri," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menggerakkan Tim

Teguh menceritakan panjang lebar bagaimana sebagai pemimpin beliau menggerakkan timnya dan juga membangun sistim agar transformasi bergulir.

Dia juga menjelaskan program bersih bersih yang dimiliki pegadaian, yang terdiri dari selain selalu mengedepankan tata kelola perusahaan yang baik, Pegadaian juga memiliki program Pegadaian Bersih-Bersih.

"Terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan. Program ini bertujuan untuk mendorong penerapan GCG di dalam dan di sekitar Pegadaian."

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.