Sukses

Perkuat Layanan, BNI dan Triplogic Bangun Sistem Transaksi Digital

Industri perbankan saat ini tengah berlomba-lomba dalam menciptakan produk digital banking yang sederhana dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Liputan6.com, Jakarta Industri perbankan saat ini tengah berlomba-lomba dalam menciptakan produk digital banking yang sederhana dan memiliki fasilitas yang lengkap.

Salah satunya ialah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus meningkatkan pelayanan dalam dunia perbankan. Sebelumnya, Bank BNI merupakan bank konvensional yang kini telah menjadi digital bank.

Kini, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI merambah sektor logistik dengan menggandeng sebuah perusahaan start up, yaitu Triplogic.

Kerja sama ini sekaligus mengukuhkan BNI sebagai bank yang menyediakan segala kebutuhan untuk bertransaksi secara digital sekaligus mengelola keuangan secara mutakhir bagi perusahaan-perusahaan berbasis digital baru yang saat ini.

Sukses kerja sama dengan Triplogic ini menegaskan kembali posisi BNI sebagai Digital Bank yang memiliki seperangkat layanan lengkap dan dapat membantu perusahaan start up dalam mengakselerasi bisnisnya hingga mencapai level komersial.

Dukungan tersebut merupakan kontribusi BNI terhadap upaya pemerintah menekan biaya logistik di Indonesia. Kerja sama BNI dan Triplogic juga merupakan optimalisasi bisnis logistik yang terus mengalami revolusi.

Tak hanya itu, kolaborasi ini juga merupakan upaya sinergis untuk mempercepat program literasi dan inklusi keuangan pada lini kehidupan masyarakat, sektor logistik misalnya.

Dalam mendukung Triplogic, BNI menggunakan sistem pembayaran khusus yaitu aplikasi yap! (Your All Payment). Aplikasi pembayaran yang terhubung pada 3 sumber dana ini merupakan sistem yang tepat untuk diterapkan dalam rangka mempermudah pengguna jasa Triplogic. Penerapan layanan keuangan BNI ini juga membuka perluasan bisnis Triplogic hingga dapat merambah ke sektor non-logistik.

Kerja sama kedua pihak ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur Bisnis Ritel BNI Tambok P Setyawati dan CEO Triplogic Oki Earlivan S  di Jakarta, Senin (10 September 2018). Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Direktur Teknologi Informasi & Operasi BNI Dadang Setiabudi.

Tambok menuturkan, banyak manfaat yang dapat diperoleh kedua belah pihak dari kerja sama tersebut. Bagi BNI antara lain agen-agen Triplogic, yang mencapai lebih dari 20.000 agen, dapat ditingkatkan kapabilitasnya menjadi agen bank yang di BNI disebut Agen46.

Nantinya, agen-agen Triplogic ini juga dapat diberi dukungan pembiayaan  dari BNI, antara lain dengan diberi Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pada sisi lain, agen-agen Triplogic juga dapat memperluas bisnisnya sebagai Agen46 yang memberikan layanan perbankan.

"Kerja sama ini juga akan membuat BNI semakin memahami behaviour industri logistik, yang sangat penting bagi pengembangan fungsi intermediasi BNI," ujar Tambok.

Ia melanjutkan, untuk mendukung perusahaan start up yang inovatif tersebut, BNI menyediakan sistem pembayaran melalui aplikasi yap! dan Internet Payment Gateway (IPG) di aplikasi dan website Triplogic.

Nantinya, dengan hadirnya yap! dan IPG dapat memberikan kemudahan pilihan pembayaran bagi user Triplogic. Kebaharuan tersebut perlu didukung oleh sistem pembayaran yang tidak kalah praktisnya dengan Triplogic.  

Selain praktis bertransaksi dengan yap! pada aplikasi Triplogic, pengguna aplikasi yap! juga sudah dapat menggunakannya untuk bertransaksi pada merchant-merchant lain, yaitu antara lain KFC, Hokben, Garuda Online, Chatime, Abuba, Kafe Betawi, Super Indo, Family Mart, JNE, dinomarket.com, kiostix, coldstone, rejuve, hanamasa, Solaria, dan berbagai merchant yang masuk ke dalam kategori UMKM.

Salah satu perusahaan anak BNI, BNI Life juga turut berpartisipasi dengan menyediakan asuransi jiwa gratis hingga Rp 20 juta dengan jangka waktu 3 bulan kepada traveller yang menggunakan aplikasi Triplogic.

Agen46

Pada momentum yang sama, BNI juga meningkatkan inklusi keuangan dimana  Triplogic akan dijadikan sebagai Agen 46 Badan Hukum. Dengan cara ini, agen-agen Triplogic yang merupakam para feeder dapat dijadikan sebagai Agen46 (perorangan) yang dapat melayani fasilitas perbankan.

 

Layanan perbankan yang dapat diberikan antara lain buka rekening, setor, tarik tunai ataupun pembayaran berbagai macam tagihan. Harapannya BNI dan Triplogic dapat menciptakan sinergi positif untuk perluasan inklusi keuangan yang merata di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, hadirnya Triplogic memudahkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk melakukan pengiriman barang dengan lebih cepat sampai ke tujuan. Tidak sedikit pengguna Triplogic adalah pelaku UMKM.

Peluang tersebut dimanfaatkan BNI untuk memfasilitasi penyalurkan KUR bagi pengguna Triplogic yang dianggap layak untuk dibiayai sehingga dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan omset pelaku UMKM tersebut.

Dengan begitu, BNI mendukung penuh pertumbuhan ekonomi masyarakat pelaku UMKM, khususnya para pedagang pengguna Triplogic.

BNI akan terus menjalin kerja sama dengan perusahaan start up/fintech  untuk menyediakan layanan-layanan seperti yap!, IPG, Agen 46, Cinta (Chatbot berbasis Artificial Inteiligence) serta layanan lainnya yang dimaksudkan untuk meningkatkan customer experience dan menciptakan ekosistem digital. Jumlah Agen46 sendiri telah mencapai 103 ribu agen di seluruh Indonesia.

Triplogic menjadi salah satu inovasi dalam bisnis pengiriman barang. Barang yang akan dititipkan ke traveller nantinya dijemput oleh bus, mitra pengemudi dari Triplogic. Feeder akan mengantar barang tersebut ke bandara, dan di bandara akan diterima oleh petugas Triplogic. Sesampainya di bandara tujuan, traveller bertugas mengambil barang berlogo Triplogic dari bagasi pesawat.

Selanjutnya, traveller akan menyerahkan barang tersebut kepada petugas Triplogic yang sudah menunggu di pintu kedatangan. Barang kemudian akan kembali dikirim menggunakan  feeder ke alamat tujuan. Sebagai balas jasa, pemilik bagasi akan mendapatkan keuntungan dari pemanfaatan bagasi tersebut.

Dengan kerjasama tersebut, BNI merupakan partner ideal untuk para fintech atau start up komersialidasi, akselerasi dan pengembangan bisnis.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.