Sukses

Garuda Indonesia Gelar RUPS Hari Ini, Direktur Utama Bakal Diganti?

Selain perubahan manajemen perseroan Garuda Indonesia, yang akan diputuskan dalam RUPSLB kali ini yaitu paparan kinerja semester I 2018

Liputan6.com, Jakarta PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada hari ini. Adapun salah satu yang diagendakan terkait perubahan susunan manajemen.

Berdasarkan informasi, perubahan yang akan dilakukan adalah posisi Direktur Utama yang kini dijabat Pahala N Mansury. Benarkah itu?

"Memang salah satu agenda yang diajukan adalah perubahan direksi, tapi untuk kepastiannya kita tunggu saja nanti hasil RUPSLB," kata salah satu sumber Liputan6.com, Rabu (12/9/2018).

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Senin (10/9/2018), ada sejumlah agenda acara yang akan diputuskan dalam RUPSLB.

Pertama, laporan kinerja perseroan semester I 2018. Mata acara ini sehubungan dengan ada usulan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham seri A melalui Surat Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor:S-476/MBU/07/2018 pada 19 Juli 2018 perihal penyelenggaraan RUPSLB.

Kedua, laporan perkembangan rencana transaksi penerbitan obligasi global dan pendanaan perseroan tahun 2018. Mata acara ini sehubungan dengan perkembangan rencana penerbitan obligasi global perseroan yang disetujui dalam RUPSLB 19 April 2018 serta terkait laporan rencana pendanaan perseroan pada 2018.

Ketiga, perubahan pengurus perseroan. Mata acara ini sehubungan dengan adanya usulan tambahan mata acara dari Kementerian BUMN selaku pemegang saham seri A Dwiwarna perseroan melalui Surat Menteri BUMN Nomor:S-836/MBU/D5/08/2018 tanggal 13 Agustus 2018 perihal usulan tambahan mata acara RUPSLB.

Sebelumnya, seperti dikutip dari Antara, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Pahala N Mansury menyebutkan pergantian direksi maskapai milik pemerintah itu merupakan kewenangan pemegang saham.

"RUPS itu adalah kewenangan pemegang saham, kita tunggu saja bagaimana putusan pemegang saham, saya belum dapat bocoran," katanya usai penandatanganan kerja sama Garuda dengan Citilink Indonesia dan Whitesky Aviation di Jakarta, Senin.

Pahala menanggapi rumor pergantian direksi Garuda Indonesia yang disebut-sebut akan dilakukan pada rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada Rabu.

Ia mengaku tidak mengetahui apakah dirinya akan diganti, karena semuanya menunggu keputusan pemegang saham.

Namun, Pahala mengaku siap menerima segala keputusan yang disepakati RUPSLB nanti.

"Kalau namanya ditugaskan ya harus siap, misalnya diganti. Saya harapkan program yang sudah ada di Garuda ini bisa terus berjalan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tutup Rute

Sebelumnya, masakapai Garuda Indonesia akhirnya menutup salah satu rute langsung ke luar negerinya, yaitu Jakarta-London (Heathrow). Penutupan ini secara resmi dijadwalkan mulai 28 Oktober 2018.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengungkapkan penutupan salah satu rute terjauh Garuda Indonesia tersebut dikarenakan tingkat keterisiannya tak sesuai harapan.

"Untuk itu, kami akan bekerja sama dengan mitra maskapai kami untuk membantu penumpang yang terkena dampak perubahan ini untuk memastikan dapat mengatur ulang jadwal perjalanan mereka dan mengakomodasi kembali melalui rute Amsterdam - Jakarta kami atau penerbangan alternatif lainnya," kata Pahala dalam keterangannya, Sabtu (1/9/2018).

Selama ini, penerbangan langsung Jakarta-London ini dilakukan tiga kali dalam seminggu. Sebagai gantinya dan demi memaksimalkan pesawat Bleing 777-300 ER, Garuda Indonesia akan menambah rute penerbangan dari Jakarta-Amsterdam via Singapura dari sebelumnya tiga kali seminggu menjadi enam kali seminggu.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta Garuda Indonesia untuk mengevaluasi rute Jakarta-London yang digarap maskapai tersebut. Bila memang tidak menguntungkan, rute tersebut dinilai lebih baik ditutup.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Gatot Trihargo mengatakan Menteri BUMN Rini Sumarno telah meminta Garuda Indonesia untuk mempertimbangkan kembali pengoperasian rute Jakarta-London. Sebab, selama ini rute tersebut dinilai kurang menguntungkan bagi Garuda.

"Bu Menteri minta untuk ditinjau yang ke London. Itu bukanya April tahun lalu, sudah lebih dari setahun. Daripada merugi di luar, lebih baik di dalam," ujar dia.

Pasar penerbangan untuk rute ‎Jakarta-London yang digarap Garuda selama ini hanya sekitar 35 ribu penumpang per tahun. Padahal untuk rute sejenis seperti London-Perth potensi pasarnya 350 ribu penumpang per tahun.

"Tadinya kita maunya seperti rute Kanguru, itu rute dari London ke Australia di mana tiap tahun ada 350 ribu. Qantas Juli nanti akan terbang direct dari London ke Perth ke Sidney. Jadi dia bisa direct. Itu kan akan memengaruhi kesempatan kita. Tahun lalu kita penumpang dari UK (London) ke Jakarta 35 ribu, itu cuma 10 persen," jelas Gatot Trihargo.

Oleh sebab itu, lanjut Gatot, daripada mempertahankan rute internasiona yang tidak memberikan keuntungan, lebih bagi Garuda Indonesia menggarap rute-rute di dalam negeri. Hal ini juga akan memberikan dampak bagi perekonomian di daerah. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini