Sukses

Harga Ayam Potong Naik, Daging Sapi Stabil

Harga daging sapi saat ini berada di kisaran Rp 110 ribu-120 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga ayam potong di pasar tradisional di Jakarta naik. Saat ini harga pangan hewani tersebut berada di kisaran Rp 28 per kg.

Supriyono (29), salah satu pedagang ayam potong di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, mengatakan, sebelumnya harga ayam potong dibenderol Rp 25 per kg. Namun saat ini naik menjadi Rp 28 ribu per kg.

"Ayam sudah dari pekan lalu naik. Yang waktu harganya tinggi, sudah harga sempat turun. Sekarang naik sedikit," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Sementara itu, untuk harga per ekor, kata dia, saat ini bisa mencapai Rp 40 ribu. Hal tersebut tergantung dari besar kecilnya ayam serta kesegaran dagingnya.

"Kalau yang per ekor antara Rp 35 ribu-40 ribu. Kalau yang Rp 40 ribu yang bagus, yang ayam boiler bagus," ungkap Supriyono.

Sementara itu, harga daging sapi, saat ini berada di kisaran Rp 110 ribu-120 ribu per kg. Adapun daging kambing dibanderol lebih murah, yaitu Rp 105 ribu-110 ribu per kg.

"Sapi enggak banyak berubah, masih Rp 110 ribu. Paling mahal Rp 120 ribu. Kalau daging memang stabil di harga segitu. Cuma pas Idul Adha kemarin agak turun, tapi balik lagi ke normalnya," kata Ridwan penjual daging di Pasar Mampang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Sayuran Terpantau Stabil

Sementara itu, harga sayuran di pasar tradisional Mampang, Jakarta Selatan, terpantau stabil karena pasokan mencukupi.

Hatun (37), pedagang sayuran di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, mengatakan, sejak pekan lalu, harga sayuran memang stabil. Jika pun naik atau turun tidak lebih dari Rp 1.000 per kilogram (kg).

"Harga lagi stabil. Terutama untuk cabai rawit merah yang banyak dicari orang. Ya kalau naik enggak lebih dari Rp 1.000. Wajarlah, kalau yang (kualitasnya) bagus-bagus," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Dia mengungkapkan, cabai rawit merah saat ini berada di kisaran Rp 35 ribu per kg. Adapun rawit hijau lebih murah, yaitu Rp 30 ribu per kg. Untuk cabai merah besar Rp 36 ribu per kg dan cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg.

Untuk bawang merah dan bawah putih terpantau stabil di harga Rp 25 ribu per kg. Demikian juga dengan kentang dan wortel yang dibanderol Rp 13 ribu dan Rp 10 ribu per kg.

Hatun menyatakan, kestabilan harga sayuran lantaran pasokan dari Pasar Induk Kramat Jati yang mencukupi. Selain itu, kondisi cuaca juga mendukung distribusi sayuran dari lokasi pertanian ke Ibu Kota.

"Dari Pasar Induk kayanya banyak jadi cukup buat ke pasar-pasar di Jabodetabek. Kalau pasokannya sulit, biasanya langsung naik, kaya cabai. Tapi ini cukup," tandas dia.

Berikut daftar harga komoditas sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com.

- Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg‎

- Cabai merah besar Rp 36 ribu per kg

- Cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg

- Cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg

- Bawang merah Rp 25 ribu per kg

- Wortel Rp 10 ribu per kg‎

- ‎Timun Rp 8.000 per kg

- Kol Rp 8.000 per kg

- Tomat Rp 10 ribu per kg

- Kentang Rp 13 ribu per kg

- Bawang putih Rp 25 ribu pe‎r kg

- Sawi Rp 10 ribu per kg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.