Sukses

Mau Tinggal di Apartemen Studio? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Berikut kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen studio.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang masih tinggal sendiri dan menginginkan kenyamanan, tinggal di apartemen tipe studio tentu menjadi pilihan yang tepat. Selain harganya yang lebih terjangkau, tipe studio juga menawarkan kenyamanan yang tak kalah dengan tipe lainnya.

Apartemen tipe studio memiliki unit dengan ukuran mini yang hanya sekitar 20 hingga 30 meter persegi saja. Namun dengan ruang yang terbatas tersebut, tapi sudah kumplit dengan area duduk, kamar mandi, kamar tidur, ruang TV, ruang kerja, ruang makan, bahkan dapur sekaligus meski tanpa sekat, kecuali kamar mandi.

Berbagai fungsi akan bisa Anda temukan dalam ruangan yang sebenarnya cukup nyaman untuk ditinggali sendiri ini. Namun jika melihat ukurannya, jelas tipe studio akan memiliki sejumlah kekurangan dan sekaligus kelebihan lainnya.

Pastikan Anda mempertimbangkan hal ini dengan baik sejak awal, sebelum akhirnya memutuskan untuk tinggal di apartemen tipe studio. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen studio.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kelebihan Apartemen Tipe Studio

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang akan Anda temukan ketika tinggal di apartemen tipe studio, di antaranya:

1. Hemat biaya Maintenance

Tinggal di apartemen tentu akan membebani Anda dengan sejumlah biaya maintenance, di mana besaran biaya ini akan tergantung pada kebijakan pihak pengelola apartemen. Biaya perawatan dan perbaikan ini umumnya diterapkan berdasarkan luas unit apartemen itu sendiri. Namun sebagai tipe yang paling mini di antara unit apartemen lainnya, jelas biaya perawatan tipe studio ini akan lebih ringan dan hemat, bukan?

2. Simpel dan Praktis

Tipe ini hanya memiliki satu ruangan untuk semua kebutuhan, sehingga Anda akan sangat leluasa untuk beraktivitas. Begitu simpel dan praktis, berbagai aktivitasmu tentu akan bisa berjalan dengan lebih mudah dan cepat.

3 dari 5 halaman

3. Ruangan Mudah Diitata dengan Bujet Rendah

Dengan ukuran yang kecil, apartemen tipe studio akan lebih mudah ditata, bahkan meski kamu menginginkan berbagai hiasan atau bahkan wallpaper pada dindingnya. Kamu juga bisa leluasa untuk menata setiap bagian dengan bujet yang terbatas sekalipun.

4. Mudah dibersihkan

Ruangan yang kecil akan lebih mudah ditata dan sekaligus dibersihkan. Kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan apartemenmu, apalagi jika selama ini kamu termasuk orang yang rapi dan terbiasa menata segala sesuatunya dengan baik pada tempatnya. (Baca Juga: Tertarik Tinggal di Hunian TOD: Ini Cara, Biaya dan Prosedurnya!)

4 dari 5 halaman

Kekurangan Apartemen Tipe Studio

Yup, setiap kelebihan selalu ada kekurangan. Begitu pula dengan unit apartemen studio. Berikut kekurangan apartemen tipe studio:

1. Ruangan Terasa Sempit

Ukuran yang kecil tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki apartemen tipe studio ini. Mengingat semua aktivitas akan Anda lakukan di ruangan yang sama. Berbagai fungsi mungkin akan ditata dengan sedemikian rupa, sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dengan lancar.

Namun meski begitu, kesan sempit tetap akan terasa dan hal ini akan membuat Anda terbatas untuk melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan ruang luas, seperti olahraga ringan dan yang lainnya.

2. Terasa Membosankan

Minimya ruang gerak di dalam tipe studio, jelas akan membuat Anda kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas. Kondisi seperti ini mungkin saja akan terasa membosankan, dan membuat Anda kurang nyaman untuk berlama-lama di dalam apartemen.

Hal ini tentu akan terasa kurang tepat, jika ternyata Anda termasuk orang yang senang menyendiri dan menghabiskan banyak waktu di “rumah” dengan melakukan berbagai aktivitas.

5 dari 5 halaman

3. Sulit bila Menerima Tamu

Jika Anda memiliki banyak teman dan sahabat yang kerap menghabiskan waktu bersama, maka tipe studio ini bukan pilihan yang tepat. Dengan ukuran yang sangat terbatas, ruangan ini hanya akan nyaman untuk diri sendiri atau bahkan berdua saja. Artinya, apartemen Anda tidak akan menjadi tempat “nongrong” yang nyaman untuk Anda dan juga teman-teman.

4. Sulit untuk Memiliki Hewan Peliharaan

Bagi Anda pecinta hewan dan terbiasa memeliharanya, maka tipe studi juga bukan pilihan yang baik. Ukurannya yang begitu sempit dan terbatas, akan membuat Anda kesulitan untuk memelihara hewan di dalamnya. (Baca Juga: Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan Cara KPR atau KTA?)

Pertimbangkan dengan Baik dan Tepat

Tinggal di apartemen studio tentu akan menjadi tantangan tersendiri, mengingat ukuran ruangannya yang terbilang mini. Pastikan Anda mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan unit yang satu ini dengan baik sejak awal, agar Anda bisa benar-benar nyaman ketika memilih untuk tinggal di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini