Sukses

Meski Super Kaya, 7 Miliarder Ini Tak Hidup Foya-Foya

Ternyata orang yang super kaya tidak bergaya hidup mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Dihitung dari segi harta, para miliarder yang menempati posisi teratas di dunia memiliki harta miliaran dolar atau ratusan triliun. Menurut streotype, orang-orang kaya pasti selalu pakai jam tangan mewah, dan bermacam kemegahan lainnya.

Tetapi, jangan kaget bila ternyata banyak dari miliarder super kaya yang memilih berpenampilan biasa saja. Gaya kehidupan mereka sudah terkenal jauh dari kata hedonistis.

Dulu, ada nama Steve Jobs yang terkenal sederhana dan kerap memakai baju turtleneck. Selain dia, banyak lagi miliarder super kaya yang tidak bergaya hedonis. Berikut 7 di antaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bill Gates

Harta saat ini: USD 97,4 miliar

Jika dirupiahkan, saat ini harta Bill Gates mencapai Rp 1.451 triliun (USD 1 = Rp 14.899). Penampilannya? Bill Gates biasanya hanya memakai kemeja dan jumper. Bagaimana dengan jam tangannya?

Dikutip dari Politico, pada 2014 Bill mengaku memakai jam tangan Casio seharga USD 10. Harga jam tersebut bahkan tak sampai Rp 150 ribu di kurs rupiah saat ini. Lalu, menurut Deployant, saat Bill Gates berkunjung ke Universitas Harvard pada Mei 2018, pria itu memakai jam Quartz Diver Watch seharga USD 50 (Rp 744 ribu). Bill memang terkenal berpenampilan sederhana, dan lebih menyibukkan diri untuk mengurus yayasannya.

3 dari 8 halaman

2. Mark Zuckerberg

Harta saat ini: USD 64,4 miliar (Rp 959,4 triliun)

Menurut perhitungan Business Insider, Mark Zuckerberg mendapatkan uang Rp 25,5 miliar tiap jamnya. Tetapi, ia malah hobi memakai t-shirt berwarna abu-abu. Jam tangan pun selalu absen di pergelangan tangannya.

Tidak jauh berbedar dari Bill Gates, pria yang akrab disapa Zuck ini juga aktif di dunia filantropis. Pada penghujung 2015 lalu, dia berjanji untuk menyumbangkan 99 persen sahamnya di Facebook untuk yayasan yang ia bangun bersama sang istri: Chan Zuckerberg Initiative.

4 dari 8 halaman

3. Amancio Ortega

Harta saat ini: USD 65,4 miliar (Rp 971,9 triliun)

Zara terkenal dengan pakaian berdesain artistik, tetapi tidak terlalu heboh, dan tampak elegan meski sederhana. Sementara, Amancio Ortega, pendiri Zara, tetap memiliki gaya hidup yang sederhana. Tidak hanya penampilannya, melainkan sikapnya.

Menurut Time, pria kelahiran 82 tahun ini masih suka datang ke warung kopi langganannya di kota tempat ia tinggal. Ortega juga diketahui suka makan di kantin bersama para karyawannya.

5 dari 8 halaman

4. Ingvar Kamprad

Perhitungan harta terakhir: USD 58,7 miliar (Rp 872,3 triliun)

Pendiri Ikea ini sudah terkenal akan kehidupannya yang luar biasa sederhana, bahkan terbilang pelit sampai-sampai pernah dijuluki Paman Gober Bebek, yang merupakan karakter kikir.

Menurut Bloomberg, ia suka membawa mengambil kemasan garam dan merica dari restoran yang ia kunjungi. Karena pendirinya yang hemat, budaya Ikea pun ikut-ikutan hemat. Misal, ketika bepergian, eksekutif perusahaan memilih penerbangan dan hotel murah. Ingvar meninggal 27 Januari 2018. Ikea pun sudah tersebar di seluruh dunia, termasuk di Tangerang, Indonesia.

6 dari 8 halaman

5. Li Ka-Shing

Harta saat ini: USD 32,2 miliar (Rp 478,5 triliun)

Pria ini tersohor sebagai konglomerat di Hong Kong. Berawal dari menyapu pabrik sampai bisnis bunga plastik, Li berhasil membangun konglomerasi di sektor telekomunikasi, infrastruktur, dan bermacam sektor lainnya.

Meskipun punya banyak uang, bukan berarti suka memakai jam tangan mewah. Dalam sebuah wawancara Bloomberg, ia tampak bersemangat memamerkan jam tangan seharga hanya USD 500 (Rp 7,4 juta), padahal hartanya ratusan triliun. Ia memilih jam tersebut karena bisa memakai daya cahaya matahari dan tahan air. Memakai jam mewah baginya justru membuatnya repot dalam beraktivitas.

7 dari 8 halaman

6. Carlos Slim

Harta saat ini: USD 59,6 miliar (Rp 885,7 triliun)

Satu lagi pria terkaya di sebuah negara yang hobi berpenampilan sederhana. Menurut Business Insider, pria ini hobi mengendarai Mercedec-Benz tua miliknya. Masalah belanja pun dia lebih suka beli sendiri di toko ritel yang ia miliki.

Kepada karyawan di perusahaannya pun dia menegaskan untuk tetap hidup sederhana walaupun sedang banyak uang. "Jaga kehematan di masa sejahtera (saat sapi sedang gemuk karena banyak susu)," tulisnya. 

 

8 dari 8 halaman

7. Warren Buffett

Harta saat ini: USD 87,8 miliar (Rp 1.304 triliun)

Tidak lengkap beli menulis daftar miliarder tanpa adanya nama Si Penyihir dari Omaha alias Warren Buffett. Pria yang hobi menyumbangkan uang ini juga tidak suka bergaya hidup mewah.

Diketahui, ia masih tinggal di rumah yang ia beli pada 1958 silam. Menurut Business Insider, Buffett juga doyan makan junkfood, soda, dan keripik setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Hedonisme

Video Terkini