Mau Diet Tapi Tak Bikin Stres? Begini 6 Cara Ampuhnya

Oleh Fitriana Monica Sari pada 05 Sep 2018, 06:01 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:45 WIB
Ilustrasi Diet

Liputan6.com, Jakarta - Tak jarang, diet terkadang bikin orang jadi stres karena banyak pantangan yang harus dijalani. Enggak boleh makan ini dan itu. Hingga diet terasa begitu menyiksa.

Ada banyak sekali program diet. Tapi, baru-baru ini ada program diet yang diberi nama diet makro. Metode diet ini adalah dengan cara memaksimalkan konsumsi aneka jus segar setiap hari.

Apapun program diet yang dipilih sebaiknya dilakukan sesuai dengan anjuran ahli gizi, tidak melebih-lebihkan atau mengurangi dari apa yang disarankan agar program dietmu berhasil.

Selain itu, ketahui tips menjalankan diet sehat untuk mendapat hasil yang maksimal. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut ini jenis diet yang tak bikin stres sekaligus ampuh menutunkan berat badan.

1. Awali Hari dengan Air Lemon

Pernah melihat program diet ala Victoria Secret, belum? Para model biasanya mengawali hari dengan minum segelas air lemon sebelum sarapan. Air lemon dipercaya dapat mendetoksifikasi tubuh, sehingga racun-racun pada tubuh dapat larut oleh asam.

Selain itu, air lemon juga ampuh untuk membunuh lemak jahat yang didapat dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Alhasil, tubuh tetap ramping dan sehat setiap saat.

2 of 4

2. Konsumsi Pisang Sebelum Berolahraga

Buah Pisang
Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Bagi Anda yang suka berolahraga di pagi hari, jangan berolahraga saat perut dalam keadaan kosong. Sebaiknya, isi perut Anda terlebih dahulu dengan satu buah pisang. Kandungan vitamin C, karbohidrat dan glukosa yang terdapat pada pisang sudah cukup mengenyangkan. Jadi Anda tidak perlu mengonsumsi roti atau oatmeal sebelum workout di pagi hari.

Bagi Anda yang tidak terbiasa mengonsumsi pisang, Anda bisa mencampurnya dengan potongan buah-buahan segar ditambah yogurt. Namun ingat, jangan sampai kekenyangan agar Anda dapat berolahraga secara luwes. (Baca Juga: 6 Tips Meningkatkan Mood di Pagi Hari)

3. Hindari Makanan yang Terlalu Manis

Makanan yang terlalu manis seperti cokelat, pie, pancake, atau kue tart sebaiknya dihindari. Makanan ini akan membuat program diet Anda batal total karena kandungan gula yang terdapat di dalamnya terlalu berlebihan.

Namun, tidak ada larangan jika Anda ingin mengonsumsi makanan yang manis. Asalkan setelah mengonsumsi makanan manis ini, Anda langsung berolahraga untuk membakar lemak sebelum akhirnya lemak tersebut mengendap dan membuat perutmu buncit.

3 of 4

4. Rutin Mengonsumsi Kafein

[Bintang] Ilustrasi Kopi
Selain hilangkan kantuk, minum kopi ternyata bisa menurunkan risiko terkena penyakit liver. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Siapa bilang kafein dapat meningkatkan berat badan? Nah, yang benar adalah sebaliknya. Kafein adalah minuman yang harus Anda konsumsi secara rutin selama diet berlangsung, misalnya kopi. Kopi dipercaya dapat meningkatkan metabolisme tubuh, menekan nafsu makan dan dapat membakar lemak yang lebih banyak.

Minuman yang harus Anda hindari adalah minuman bersoda. Sebab, minuman ini dapat membuat perut Anda kembung, apalagi jika dikonsumsi saat perut keroncongan.

5. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah adalah dua makanan sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Keduanya kaya akan kandungan vitamin, protein, kalsium, dan zat anti-oksidan. Sayur dan buah bahkan sering diolah dan dihidangkan untuk menu diet sehat karena keduanya bebas dari kandungan lemak jahat.

Selama masa diet, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk mendapatkan berat badan yang Anda idam-idamkan. Anda dapat mengolah keduanya menjadi menu makanan utama atau camilan sehat di sore hari. (Baca Juga: 9 Makanan Enak dan Lezat Untuk Sukseskan Program Diet)

4 of 4

5. Banyak Minum Air Putih

[Bintang] Ilustrasi Minum Air Putih
Yuk, intip trik cerdas makan enak tanpa harus takut berat badan bertambah! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tubuh membutuhkan ion untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan ion, akan mengalami dehidrasi yang akhirnya dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Maka dari itu, minum air putih yang banyak. Selain untuk meningkatkan metabolisme, air putih juga baik untuk melarutkan racun dan lemak serta bagus guna mencerahkan kulit. Alhasil, tubuhmu menjadi sehat dan ramping, kulitmu juga akan segar.

6. Rajinlah Berolahraga

Mengonsumsi makanan sehat saja ternyata tidak cukup jika Anda ingin menurunkan berat badan. Anda juga perlu berolahraga secara rutin untuk membakar lemak-lemak yang menumpuk di tubuh, terutama di area paha, lengan, dan perut.

Olahraga di pagi hari ataupun sore hari, keduanya sama-sama baik untuk merampingkan tubuh. Tetapi lebih baik lagi jika Anda menyempatkan diri ke pusat kebugaran atau gym untuk memaksimalkan pembakaran lemak-lemak jahat di tubuh.

Hindari Diet Ekstrim

Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang terlalu ekstrim untuk mendapatkan bentuk tubuh yang inginkan. Dengan menerapkan pola makan sehat dan diimbangi dengan olahraga secara teratur, berat badan juga akan turun dengan sendirinya tanpa harus stres menghadapi diet ketat.

Lanjutkan Membaca ↓