Mahasiswa Industri Bantu Bersihkan Sampah pada Penutupan Asian Games 2018

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 03 Sep 2018, 13:06 WIB
Diperbarui 05 Sep 2018, 12:13 WIB
Kemenperin ajak sukarelawan dari masyarakat industri membersihkan pekarangan di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) pada saat penutupan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) turut mengajak sukarelawan dari masyarakat industri untuk membersihkan sampah di sekitar Gelora Bung Karno (GBK) pada saat penutupan Asian Games 2018 kemarin.

Ratusan calon mahasiswa dari Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) Jakarta dan Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) di bawah komando Kemenperin, menggelar sesi bersih-bersih GBK sejak sekitar pukul 16.00 WIB.

Berbalut kemeja putih, para peserta yang mayoritas wanita ini menyusuri area sekitaran stadion sembari memunguti sampah yang terlihat berserakan.

Adapun aksi ini merupakan lanjutan dari partisipasi masyarakat industri bersih-bersih GBK menjelang dimulainya perhelatan Asian Games 2018 yang diinisiasi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Seperti diketahui, closing ceremony ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut ikut diramaikan oleh kehadiran hujan yang membasahi Kota Jakarta sejak sore hari.

Akibatnya, genangan air setinggi mata kaki orang dewasa tampak membanjiri beberapa pintu masuk menuju Stadion GBK. Meski demikian, itu tak menyurutkan langkah pendatang menyaksikan momen langka nan bersejarah ini.

Sesi penutupan Asian Games 2018berlangsung kurang lebih 3 jam, mulai dari pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB. Seisi stadion digemparkan oleh penampilan para bintang tamu undangan yang turut diisi oleh dua grup boyband asal Korea Selatan, yakni Super Junior dan iKon.

2 dari 3 halaman

Ribuan Atlet Asing Kembali ke Negaranya Usai Penutupan Asian Games 2018

Stadion GBK
Ribuan penonton menyalakan flash ligt di ponselnya masing-masing saat malam penutupan Asian Games 2018 di Stadion GBK, Jakarta, Minggu (9/2). Hal ini menjadi unik dan menambah syahdu malam penutupan Asian Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

 Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang telah berakhir. Sebanyak 2.175 atlet dan ofisial telah pulang ke negara asal mereka melalui Terminal III keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, sejak 19 Agustus 2018 lalu.

"Mereka berangkat ada yang rombongan dan perorangan," kata Annisa Hasanah, petugas pemantau kedatangan dan keberangkatan atlet dan ofisial Asian Games 2018 di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (2/9/2018). 

Annisa mengatakan ofisial yang pulang lebih awal ada tiga orang pada 19 Agustus lalu, yakni dari Arab Saudi. Keberangkatan terbanyak pada 29-30 Agustus, yakni sebanyak 1.750 orang yang berasal dari sejumlah negara seperti Arab Saudi, Malaysia, Thailand, Tiongkok, Vietnam, Hong Kong, dan Nepal.

Para atlet yang pulang melalui terminal III tersebut dominan yang menginap di wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat. Mereka menggunakan bus yang sudah disediakan dan dikawal oleh petugas kepolisian.

Bahkan terlihat atlet cabang bola basket dan voli asal Korea Selatan dan Arab Saudi pulang duluan dan mereka tidak mengikuti upacara penutupan Asian Games 2018, Minggu malam.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Robot Khusus untuk Bantu Orang Lumpuh Berjalan