Terkuak, Ini Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Dunia

Oleh Tommy Kurnia pada 04 Sep 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 04 Sep 2018, 08:00 WIB
Bill Gates dan Warren Buffett

Liputan6.com, Jakarta - Memilih jurusan kuliah adalah persimpangan signifikan dalam hidup. Pilihanmu tak hanya memengaruhi 4 tahun ke depan hidupmu, melainkan lebih dari itu.

Banyak pertanyaan yang perlu ditanyakan sebelum menjatuhkan pilihan jurusan. Apa kamu kuliah untuk memenuhi passion? Untuk investasi dalam mencari uang? Atau hanya untuk mendapat gelar?

Salah satu tips memilih jurusan kuliah bisa dengan melihat jurusan kuliah apa yang diambil orang yang kamu kagumi atau lihat jurusan kuliah orang yang sudah lebih dahulu berhasil.

Berikut adalah lima orang terkaya di pada tahun 2018 versi Forbes serta jurusan kuliah yang mereka ambil. Apa yang mereka pelajari?

2 dari 6 halaman

1. Jeff Bezos

Jeff Bezos
Jeff Bezos (AP PHOTO)

Jurusan Kuliah: Teknik Elektro dan Ilmu Komputer

Alma mater: Universitas Princeton

Universitas Princeton adalah salah satu dari universitas Ivy League di Amerikat Serikat (AS). Tidak mudah masuk ke Ivy League, apalagi belajar teknik elektro dan ilmu komputer di sana.

Tapi itulah Jeff Bezos yang lulus pada 1987 silam. Pria gundul ini berhasil meraih predikat orang terkaya dunia berkat situs Amazon yang ia bangun pada 5 Juli 1994 di Seattle. 

3 dari 6 halaman

2. Bill Gates

Bill Gates Serukan agar Warga Dunia Waspada Penyakit Pandemi (Paolo Bona/Shutterstock)
Bill Gates Serukan agar Warga Dunia Waspada Penyakit Pandemi (Paolo Bona/Shutterstock)

Jurusan Kuliah: Matematika dan Ilmu Komputer

Alma Mater: Universitas Harvard (dropout)

Tidak kalah fenomenal dari Bezos adalah Bill Gates. Universitas Harvard bisa dibilang yang paling terkenal di antara Ivy League.

Namun, Bill Gates tidak menyelesaikan kuliahnya. Tak aneh bila ia mendapat julukan "Mahasiswa dropout Harvard yang paling sukses" menurut publikasi The Harvard Crimson.

4 dari 6 halaman

3. Warren Buffett

Ini 10 Daftar Orang Terkaya Dunia Tahun 2017 Versi Forbes
Peringkat kedua diikuti oleh pemilik Berkshire Hathaway, Warren Buffett. Kekayaan pria 86 tahun ini mencapai US$ 75,6 miliar atau sekitar Rp 1.005 triliun. (NYC)

Jurusan Kuliah: Administrasi Bisnis

Alma Mater: Universitas Nebraska

Warren Buffett lahir di Nebraska, mendirikan bisnis di Nebraska, dan menyelesaikan kuliah di Nebraska. Buffett mengambil jurusan administrasi bisnis di Universitas Nebraska.

Konglomerat bisnis terkaya di dunia ini sempat ingin melanjutkan pendidikannya di Sekolah Bisnis Harvard. Sayangnya, ia ditolak. Meskipun ia telah membuktikan bisa lebih kaya dari para alumni Sekolah Bisnis Harvard.

5 dari 6 halaman

4. Bernard Arnault

Bernard Arnault
Bernard Arnault (apital-life.be)

Jurusan Kuliah: Teknik

Alma Mater: Ecole Polytechnique

Bernard Arnault mungkin tak seterkenal nama-nama lain di daftar ini. Pria Prancis ini adalah CEO dari konglomerasi barang mewah: LVMH.

LVMH adalah induk dari berbagai rumah mode kelas atas. Sebut saja Fendi, Givenchy, Tag Heuer, dan tentunya Louis Vuitton. Artinya, alumnus sekolah teknik bergengsi ini adalah orang terkaya di industri fashion.

6 dari 6 halaman

5. Mark Zuckerberg

Bos Facebook Mark Zuckerberg Hadapi Sidang Parlemen Eropa
CEO Facebook Mark Zuckerberg memberi keterangan di markas Parlemen Eropa di Brussel, Belgia, Selasa (22/5). Zuckerberg memberi keterangan terkait skandal kebocoran data Facebook. (EBS/AFP)

Jurusan Kuliah: Psikologi dan Ilmu Komputer

Alma Mater: Universitas Harvard (dropout)

Yang termuda dan paling sensasional belakangan ini. Zuckerberg sebetulnya belajar jurusan psikologi, tetapi kabarnya ia lebih sering ikut kelas jurusan ilmu komputer.

Sama seperti Gates, dia memilih untuk dropout. Kemudian, Zuckerberg kembali ke Harvard pada 2011 lalu untuk menerima gelar Honoris Causa.

Lanjutkan Membaca ↓