Sukses

Harga Cabai dan Bawang Stabil di Pasar Slipi

Harga cabai stabil di kisaran Rp 30 ribu per kg, tidak lagi menembus Rp 50 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga komoditas cabai terpantau stabil di pasaran. Usai Hari Raya Idul Adha 1439 H, tidak ada perubahan harga yang signifikan.

Bila seusai Idul Fitri harga cabai rawit sampai melewati Rp 50 ribu per kilogram (kg), bahkan menyentuh Rp 70 ribu per kg. Sekarang, berdasarkan pantauan Liputan6.com di Pasar Slipi, Jumat (31/8/2018), harga sudah berada di kisaran Rp 30 ribu. Yang paling mahal hanya seharga Rp 35 ribu kg.

"Ini harganya sudah turun," ujar Zahra (39).

Di tempatnya, ia menjual cabai rawit merah seharga Rp 35 ribu per kilogram (kg). Untuk rawit merah keriting dibanderol seharga Rp 35 ribu per kg, dan cabai hijau kecil Rp 30 ribu per kg.

Harga bawang merah dan putih pun terpantau stabil di tempatnya. Kedua jenis bawang tersebut dijual Rp 30 ribu per kilogram, dan Rp 35 ribu untuk kating putih. Untuk sayuran dan timun harga sama, yaitu Rp 12 ribu per kg, dan tomat Rp 13 ribu per kg.

Di tempat lain, Farah (35) menjual sedikit lebih murah. Harga bawang juga di bawah Rp 30 ribu. "Bawang merah Rp 28 ribu, bawang putih sama," ucap dia.

Harga cabai juga terpantau relatif murah. Cabai hijau kecil terpantau Rp 23 ribu per kg, dan rawit merah dan rawit keriting masing-masing Rp 32 ribu dan Rp 30 ribu per kg.

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Cabai Akhirnya Turun, Tak Lagi di Atas Rp 50 Ribu per Kg

Harga komoditas cabai, bawang, dan sayuran akhirnya kompak menurun. Dibandingkan pada Juli lalu, harga-harga tersebut tercatat turun signifikan.

Temuan ini berdasarkan pantauan liputan.com di Pasar Bengkok, Tangerang, pada Minggu, 12 Agustus 2018, Salah seorang pedagang yakni Dian (29) memberi konfirmasi atas penurunan harga. "Lumayan pada turun," ucap dia.

Di tempatnya, harga cabai merah keriting dipatok Rp 25 ribu per kilogram (kg), harga cabai rawit Rp 35 ribu per kg, dan cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg.

Malik (26) juga menjual harga cabai merah keriting dan rawit merah dengan harga sama. Untuk cabai rawit hijau, ia menjual sedikit lebih murah yakni Rp 28 ribu.

"Turunnya awal minggu," ucap Malik. Harga-harga tersebut jauh lebih murah ketimbang Juli lalu. Di pasar yang sama, pada akhir Juli lalu, harga cabai rawit ada di kisaran Rp 55 ribu per kg, rawit hijau Rp 35 ribu per kg, dan cabai rawit merah keriting Rp 30 ribu per kg.

Penurunan signifian ada pada cabai rawit merah. Sekadar pengingat, pertengahan Juli lalu, cabai rawit merah sempat di kisaran Rp 65 ribu per kg di Pasar Palmerah. Sementara, di Pasar Kebayoran lama harga bisa mencapai Rp 70 ribu per kg di awal Juli lalu

Meski begitu, datangnya Idul Adha memberikan ketidakpastian pada harga. Sebab, bila mengacu pada tahun-tahun sebelumnya,ada kemungkinan harga naik. "Kadang melonjaknya tinggi," kata Malik.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.