Dipimpin Nicke Widyawati, JK Minta Pertamina Fokus Garap Bisnis di Dalam Negeri

Oleh Merdeka.com pada 29 Agu 2018, 13:42 WIB
Diperbarui 29 Agu 2018, 13:42 WIB
Wapres Jusuf Kalla.(Merdeka.com/ Intan Umbari)
Perbesar
Wapres Jusuf Kalla. (Merdeka.com/ Intan Umbari)

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla meminta Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang baru Nicke Widyawati fokus untuk berinvestasi di dalam negeri. Pertamina juga harus menangani beberapa instalansi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Membangun instalansi, menangani Kalimatan, Riau, yang didiami Pertamina. Boleh Pertamina investasi di dalam negeri, jangan keluar," kata JK usai membuka acara Pameran dan Rangkaian The 7th IndoEBTKE ConEx tahun 2018 di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Rabu (29/8/2018).

Dia menilai Pertamina tidak perlu berinvestasi ke luar negeri tetapi harus menguatkan hulu terlebih dulu.

"Ya artinya perusahaan asing masuk. Daripada Pertamina keluar ke Iran, ke Aljazair lebih baik di dalam negeri investasi. Di Rokan di ambil alih, Mahakam sudah diambilalih, di Papua ada. Jadi harus hulunya harus kuat. Hilirnya sudah kuat," kata JK.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno Mengangkat Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina. Sebelumnya, Nicke menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BUMN tersebut.

"Barusan pengangkatan Bu Nicke sebagai Dirut (Direktur Utama)," jelas Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Pengangkatan dilakukan di Kantor BUMN pada Rabu pagi ini oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno. 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

2 dari 2 halaman

Selain Nicke, Menteri BUMN Juga Angkat 2 Direktur Baru Pertamina

Penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan Nicke Widyawatisebagai Direktur Utama PT Pertamina Tbk oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.
Perbesar
Penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan Nicke Widyawatisebagai Direktur Utama PT Pertamina Tbk oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

Nicke Widyawati resmi menjadi Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Hal itu setelah Surat Keputusannya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno diserahkan pagi ini di Kementerian BUMN.

Penyerahan SK dilakukan oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno dan diterima langsung oleh Nicke.

Selain Nicke, Menteri BUMN juga mengangkat direktur baru, yaitu Direktur Hulu dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM). Di posisi Direktur Hulu kini ditempati Dharmawan Samsu dan Direktur SDM ditempati oleh Koeshartanto.

Dengan diangkatnya dua direktur tersebut, maka kini Pertamina memiliki 11 Direksi, yaitu:

Direktur Utama: Nicke Widyawati

Direktur Keuangan: Arief Budiman

Direktur Hulu: Dharmawan H. Samsu

Direktur Aset dan Manajemen: M. Haryo Junianto

Direktur Mega Proyek, Pengolahan, dan Petrokimia: Heru Setiawan

Direktur Pengolahan: Budi Santoso Syarif

Direktur Pemasaran Ritel: Mas'ud Hamid

Direktur Pemasaran Korporat: Basuki Trikora Putra

Direktur Logistik, Supplychain, dan Infrastruktur: Gandhi Sriwidjojo

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen: Gigih Prakoso

Direktur Sumber Daya Manusia: Koeshartanto.

 

Lanjutkan Membaca ↓