Sukses

Masuk Panen Raya, Harga Cabai di Tingkat Petani Anjlok

Saat ini harga cabai rawit merah di tingkat petani anjlok hingga Rp 10 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai di ting‎kat petani anjlok. Hal ini menyusul panen raya yang terjadi di sejumlah sentra produksi cabai di Pulau Jawa.

Sekretaris Jenderal Aliansi Petani Indonesia, M Nuruddin mengatakan, wilayah yang tengah memasuki panen raya cabai antara lain Malang, Kediri, Gresik, Tuban, Banyuwangi, Brebes, Cianjur, Sukabumi, Subang, Pemalang, Madura dan Lamongan.

"Harga anjlok karena ini panen raya," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Dia mengungkapkan, saat ini harga cabai rawit merah di tingkat petani anjlok hingga Rp 10 ribu per kg. Padahal harga yang ideal bagi petani sekitar Rp 35 ribu per kg.

"(Harga ideal) Rp 35 ribu untuk menutupi biaya produksi. Sekarang harga cabai rawit Rp 10 ribu, cabai besar Rp 16 ribu. Ini masih bisa turun lagi," kata dia.

Menurut Nuruddin, anjloknya harga ini masih bisa terjadi hingga September. Sebab, panen raya ini diperkirakan masih akan berlangsung sampai bulan depan.

"Ini Anjloknya sejak awal Agustus, mungkin bisa sampai September. Karena panen raya di wilayah Jawa. Ini sentra cabe di Jawa akan buang (menjual cabai) ke Kalimantan yang harganya lebih baik," tandas dia.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Cabai Masih Stabil di Pasar Palmerah

Selepas Idul Adha 1439 H, tidak terlihat ada perubahan signifikan dalam harga cabai, bawang, dan sayur-mayur. Mayoritas harga pangan per kilogram (kg) masih sama seperti pada minggu sebelumnya.

"Cabai rawit Rp 40 ribu sekilo, cabai keriting Rp 35 ribu," ujar Sulistyo (48), saat ditemui Liputan6.com di Pasar Palmerah, Senin 27 Agustus 2018. 

Ia melanjutkan, bawang cutting dia jual seharga Rp 35 ribu per kg. Bawang putih dan bawang merah sama-sama Rp 30 ribu.

Pedagang lainnya menjual cabai rawit di bawah Rp 40 ribu. Harga yang dibanderol sedikit lebih murah yakni di kisaran Rp 30 ribuan.

"Cabai hijau Rp 25 ribu, cabai keriting Rp 25 ribu juga. Cabai rawit yang dikupas Rp 35 ribu, yang biasa Rp 30 ribu," ucap Surotun (40), Selasa (28/8/2018).

Sementara, harga timun dijualnya seharga Rp 8 ribu per kg, tomat Rp 10 ribu per kg, dan wortel Rp 8 ribu per kg.

"Harga sama saja," jawabnya ketika ditanya ada kenaikan setelah Idul Adha. Untuk bawang merah dijualnya seharga Rp 25 ribu per kg, dan seharga Rp 20 ribu untuk yang berukuran lebih kecil.

Sementara itu, bawang putih ia jual seharga Rp 25 ribu per kg, dan yang kating seharga Rp 30 ribu per kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.