6 Fakta Unik Soal Uang, Tepi Bergerigi hingga Jadi Penyebab Perceraian

Oleh Siska Amelie F Deil pada 26 Agu 2018, 18:15 WIB
Diperbarui 28 Agu 2018, 18:13 WIB
Rupiah Menguat Tipis atas Dolar

Liputan6.com, Jakarta - Uang merupakan hal yang selalu Anda perlukan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bagi sebagian orang, hidup bahkan terasa sangat sulit tanpa uang.

Meski digunakan sehari-hari, masih banyak orang yang tidak menyadari tentang betapa menariknya fakta-fakta yang tersembunyi di balik uang.

Salah satunya tentang alasan mengapa tepian uang koin seringkali dibuat bergerigi.

Ingin tahu mengapa?

Berikut enam fakta mengenai uang yang Anda pasti belum tahu seperti dilansir dari boldsky, Minggu (26/8/2018):

1. Uang kertas dari kain

Uang kertas dolar Amerika ternyata tidak benar-benar terbuat dari kertas. Selama ini, uang kertas dolar Amerika ternyata terbuat dari kain. Luar biasa bukan?

2. Tepian gerigi pada uang koin

Tahukah, mengapa koin memiliki pola bergerigi di sekitar putarannya? Uang logam biasanya dibuat dari logam mulia dan para pencuri biasanya mencuri dan memotong tepian logamnya untuk dijual kembali.

Jadi demi mengatasinya, perusahaan percetakan uang mengubah pola uang koin. Hal ini juga dapat mempersulit tindakan pemalsuan uang.

3. Uang kertas pertama

Uang kertas pertama ternyata berasal dari kawasan Asia. Sekitar 1.400 lalu, China menjadi negara pertama yang menciptakan uang kertas pertama di dunia. 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 of 2

4. Batu Bata Jadi Uang

Unik, Negara Ini Gunakan Bongkahan Batu Sebagai Mata Uang
Source: Abasaa/Wikimedia Commons

Berbeda dengan batu bata pada umumnya, batu bata teh (terbuat dari tanah bekas penanaman teh) bahkan pernah dijadikan sebagai mata uang di Siberia dan Asia hingga Perang Dunia ke-2.

Kala itu harga teh sedang sangat tinggi, sehingga batu bata teh dianggap cukup bernilai. Tak hanya itu, batu bata teh juga dapat dijadikan obat.

5. Penyebab utama perceraian

Tahukah Anda bahwa perdebatan soal uang ditemukan sebagai penyebab perceraian paling utama. Memang benar, dalam berbagai kesempatan, uang seringkali memainkan peran yang sangat penting. Tak hanya itu, urusan uang memang terbilang sangat sensitif.

6. Harta Bill Gates

Jika Bill Gates menghabiskan USD 1 juta hartanya setiap hari. Maka butuh waktu sedikitnya 218 tahun untuk menghabiskan seluruh uangnya.

Lanjutkan Membaca ↓