Sukses

10 Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Terbaik

Dengan semakin mahalnya biaya kuliah, calon mahasiswa harus serius berpikir mengenai jurusan yang prospeknya paling bagus.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak tujuan orang kuliah. Ada yang ingin memperdalam ilmu yang mereka minati, ada yang karena tak punya tujuan lain, dan ada yang menganggap kuliah sebagai pijakan untuk meraih karier impian.

Dengan semakin mahalnya biaya kuliah, tak pelak banyak calon mahasiswa yang harus serius berpikir mengenai jurusan yang prospeknya paling bagus di dunia kerja. Umumnya, jurusan kuliah yang dianggap punya prospek karier paling baik adalah jurusan teknik, akuntansi, dan, belakangan ini, komputer.

Dan anggapan tersebut ternyata ada benarnya. Berdasarkan laporan CNBC dari CareerCast, Senin (27/8/2018), berikut 10 jurusan kuliah yang memiliki prospek karier terbaik saat ini.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Akuntansi

Masuk jurusan akutansi memang susah karena banyak saingan. Menurut CareerCast, akuntansi merupakan sektor paling stabil bila kamu ingin mencari pekerjaan.

Lebih dari 90 persen jurusan akuntansi mendapat pekerjaan dan sektor ini. Diperkirakan pekerjaan ini bertumbuh 10 persen dalam delapan tahun ke depan.

3 dari 11 halaman

2. Manajemen bisnis

Jurusan yang terkait dengan manajemen bisnis membuka pintu karier di beberapa ranah, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM, human resources), juga penelitian dan konsultasi.

Jurusan manajemen bisnis memang fleksibel, toh setiap bidang pasti butuh pengelolaan bisnis. Tak heran bila ada jurusan bisnis yang bahkan bekerja di bidang medis.

 

4 dari 11 halaman

3. Kimia

Tidak hanya punya prospek yang bagus, jurusan ini juga menjanjikan gaji besar.

Menurut CareerCast, jurusan kimia membuka jalan ke pekerjaan-pekerjaan bergaji tinggi, seperti ahli medis dan chemical engineer (insinyur kimia). Profesi tersebut butuh sekolah lanjutan yang dimulai dari S1 jurusan kimia.

5 dari 11 halaman

4. Ilmu Komputer atau Teknik Informatika

Jurusan yang belakangan ini sedang populer, tapi membuat kaget mahasiswa yang belum pernah mengenal apa itu coding. Berita baiknya, coding kerap disebut sebagai bekal kemampuan yang dibutuhkan di zaman sekarang.

Banyak pekerjaan yang bisa dicari lewat jurusan ini. Sebagai contoh, kamu bisa bekerja di perbankan sebagai ahli software.

6 dari 11 halaman

5. Keuangan

Menurut CareerCast, pekerjaan analis finansial akan tumbuh sebanyak 11 persen dan penasihat keuangan personal akan tumbuh sebanyak 15 persen.

7 dari 11 halaman

6. Sistem Informasi

Di era startup dan teknologi, efisiensi dan kecepatan alur informasi menjadi semakin penting. Banyak perusahaan yang semakin tertarik memahami teknologi cloud dan mengoptimalkan bisnis melalui beragam solusi teknologi.

Disinilah jurusan Sistem Informasi bisa mengambil peran dalam perkembangan bisnis. Ranah yang dimasuki pun bisa beraneka ragam, mulai dari di startup sampai perbankan.

8 dari 11 halaman

7. Pemasaran

Inilah jurusan lain yang terbilang fleksibel dan menarik minat para ekstrover. Kenapa fleksibel? Toh, segala jenis bisnis pasti membutuhkan kemampuan pemasaran yang mumpuni, mau itu industri penerbitan, perfilman, perbankan, makanan, dan sebagainya. 

Tidak tanggung-tanggung, tingkat pekerjaan lulusan pemasaran bahkan mencapai 95 persen.

9 dari 11 halaman

8. Matematika

Cukup banyak profesi yang membutuhkan latar belakang keahlian matematika. Di antaranya adalah ahli statistik, ilmuwan data (data scientist), dan aktuaris.

Jadi, jangan kaget bila melihat ada lulusan matematika yang bekerja di startup sebagai data scientist.

10 dari 11 halaman

9. Teknik Mesin

Di antara para jurusan teknik, inilah yang paling lukratif. Pasalnya, jurusan teknik mesin biasanya cukup belajar S1, tidak perlu sekolah lanjutan.

Jurusan ini bisa masuk ke banyak industri, seperti otomotif, robotik, dan konstruksi.

11 dari 11 halaman

10. Keperawatan

Karier dengan prospek karier tertinggi ternyata adalah keperawatan. Selain itu, posisi awal sebagai perawat memiliki upah yang bagus.

Itulah 10 jurusan dengan prospek yang baik. Apapun jurusan yang kamu ambil, pastikan kamu bisa menerapkannya di karier nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.