Sukses

Pertamina Tambah Pasokan Elpiji di Jakarta hingga Banten

Pertamina jamin kecukupan elpiji di DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten saat Idul Adha.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III menjamin kecukupan Elpiji di wilayahnya yang meliputi wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten saat Idul Adha.

Penambahan pasokan pun telah dilakukan, untuk mengatasi kekurangan. Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati mengatakan, Pertamina telah menyiapkan tambahan pasokan Elpiji 3 kg bersubsidi, sebanyak 4.317.720 tabung di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

Rincian alokasi tambahan di DKI Jakarta adalah sebanyak 901.600 tabung, Jawa Barat sebanyak 2.993.000 tabung dan Banten sebanyak 422.800 tabung.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan konsumsi LPG terutama pada momen – momen khusus seperti hari raya, Pertamina telah melakukan penambahan stok dari jauh-jauh hari," ujar Dian.

"Kita telah alokasikan tambahan stock sejak 16 Agustus hingga 25 Agustus. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir, pasokannya akan cukup," kata Dian, di Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Dian menambahkan, untuk produk Elpiji nonsubsidi seperti Bright Gas 5,5 Kg dan 12 kg serta Elpiji 12 kg, Pertamina  telah menyiapkan stok cukup bagi masyarakat.

"Kami mengimbau bagi masyarakat yang ingin mencari tahu pangkalan dan agen terdekat serta membeli Elpiji khususnya Bright Gas dapat menghubungi Pertamina Contact Center 1 500 000," ujar dia.

Dian pun melanjutkan, demi keamanan penggunaan Elpiji, jika masyarakat meninggalkan rumah, diimbau untuk melepas regulator dari tabung Elpiji.

Selain itu, yang perlu diperhatikan untuk keamanan penggunaan Elpiji adalah memastikan kompor dan tabung Elpiji diletakkan di ruangan dengan sirkulasi dan ventilasi udara yang baik.

"Terpenting untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kami mengimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan kondisi selang, krem, valve dan regulator secara berkala," kata dia.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertamina Jamin Pasokan LPG Aman Jelang Idul Adha

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan Liquified Petroleum Gas (LPG) baik Subsidi maupun Nonsubsidi untuk masyarakat menjelang perayaan Idul Adha 2018 tetap mencukupi di seluruh wilayah dan tersedia dalam jumlah yang memadai.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito mengungkapkan, berdasarkan data realisasi LPG PSO dan Non PSO, rata-rata harian konsumsi  tidak meningkat signifikan.

Sejak Januari-Mei 2018 konsumsi di kisaran 23,462 Metrik Ton (MT) per hari. Saat momentum Ramadan dan Idul Fitri meningkat sekitar lima persen, dan kembali normal pada Juli 2018 .

"Konsumsi naik, tapi tidak signifikan. Untuk Agustus realisasi harian jumlahnya masih di kisaran 23 ribu MT per hari. Adapun ketahanan stok aman yakni rata-rata 18 hari,” kata Adiatma melalui keterangan resminya, Selasa 21 Agustus 2018.

Adiatma mengatakan, konsumsi LPG PSO dan Non PSO jelang Idul Adha tahun ini, memang tidak setinggi saat Idul Fitri.

Sebab hari besar tersebut jatuh pada hari biasa tidak bersamaan dengan cuti bersama ataupun libur panjang. Jadi apabila terjadi kenaikan konsumsi masih relatif kecil.

Adiatma menambahkan, untuk memudahkan mendapatkan LPG, masyarakat bisa mendapatkan di agen Pertamina dengan harga sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah setempat.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.