Idul Adha, BI Khusus Alokasikan Hewan Kurban ke NTB

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 22 Agu 2018, 10:17 WIB
Diperbarui 24 Agu 2018, 10:13 WIB
Perry Warjiyo

Liputan6.com, Jakarta - Momen Idul Adha 1439 Hijriah yang dirayakan pada Rabu (22/8/2018) ini turut dimanfaatkan Bank Indonesia (BI) dengan menyumbangkan sekitar 60 persen hewan kurban lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo mengatakan, rangkaian acara yang telah digelar sejak Selasa kemarin untuk memperkuat semangat berkurban dalam rangka kepedulian sosial.

"Rangkaiannya sejak kemarin sore ada buka puasa bersama, terus lanjut ada gema takbir. Seluruh rangkaian acara ini diikuti 46 kantor BI di seluruh Indonesia," ungkap dia di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu pekan ini.

Dia menyebutkan, bank sentral negara pada 2018 memberikan sebanyak 525 ekor sapi, 1.407 kambing dan 56 domba yang akan disalurkan ke 46 kantor cabang BI di seluruh Indonesia, termasuk kantor pusat di Jakarta.

"Alhamdulillah jumlah hewan kurban naik 60 persen, jadi bagi pegawai BI bisa menyalurkan kurban ke seluruh wilayah Indonesia," ujar Perry.

"Lebih dari itu, secara khusus kita alokasikan banyak untuk NTB (Nusa Tenggara Barat) untuk bantu masyarakat di sana (Pasca-Gempa di kawasan Lombok),” ujar dia.

"Tadi malam kita zikir dan berdoa untuk masyarakat NTB yang kena musibah, kita doakan Allah bisa angkat musibah ini dan masyarakat di sana bisa diberikan ketabahan untuk segera pulih," tambah Perry.

Saat ditanya berapa banyak jumlah hewan kurban pribadi dalam bentuk sapi yang ia berikan, Gubernur BI Perry Warjiyo menjawab banyak meski belum bisa menyebutkan angka pastinya.

"Banyak. Ada satu di Pancoran (Jakarta), satu di Lombok dan satu di Gorontalo. Selain itu kami juga salurkan juga sapi pribadi ke sejumlah pesantren-pesantren yang ada dalam binaan kita," pungkas dia.

 

 

2 of 2

Gubernur BI Perry Warjiyo Salat Idul Adha di Lapangan Kantornya

(Foto: Liputan6.com/Maulandy R)
Gubernur BI Perry Warjiyo salat idul adha di komplek Gedung BI pada Rabu (23/8/2018) (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Bank Indonesia (BI) pagi ini menggelar pelaksanaan Salat Idul Adha bersama masyarakat sekitar di Komplek Perkantoran Bank Indonesia (Koperbi), Jakarta, Rabu 22 Agustus 2018.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo beserta anggota dewan gubernur Bank sentral negara tersebut. Beberapa mantan Gubernur BI seperti Agus Martowardojo dan Boediono pun ikut beribadah bersama di tempat yang sama.

Dari pantauan Liputan6.com, salat berjamaah dimulai sejak pukul 06.30 WIB. Setelah itu, dilanjutkan sesi khutbah yang diisi oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Adapun khutbah bertema Hakikat Qurban dan Menebar Kebajikan tersebut diikuti antusias oleh seluruh jamaah dan berakhir sekitar pukul 07.20 WIB.

Jajaran anggota dewan gubernur BI pun setelahnya lanjut melakukan ramah tamah di Lobi Gedung D Bank Indonesia. Sedangkan Perry Warjiyo melangkahkan kakinya untuk mengikuti proses pemotongan hewan qurban di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓