Sukses

Intip Fasilitas Karyawan Freeport di Papua, dari Ruang Baca hingga Alat Fitness

Semua pekerja Freeport bisa menggunakan fasilitas yang ada di superblok tanpa biaya, alias gratis.

Liputan6.com, Jakarta - PT Freeport Indonesia (PTFI) mempekerjakan lebih dari 28 ribu orang. Jumlah itu tergolong cukup besar untuk sebuah perusahaan tambang. Dari jumlah itu, mayoritas bekerja di tambang bawah tanah yang berlokasi di Tembagapura, Papua.

Jauhnya lokasi penambangan menjadikan Freeport tidak hanya berkewajiban untuk membayarkan gaji para pegawai lumayan besar, melainkan juga memberikan fasilitas kenyamanan bagi para pekerja.. Terutama yang bekerja di site atau lokasi yang berada di ketinggian lebih dari 2.500 Mdpl.

Bayangkan, para pekerja tambang ini memiliki jam kerja 12 jam setiap hari dimana mereka jauh hiruk pikuk dunia luar yang kaya akan pergaulan dan hiburan. Terlebih para pekerja tambang bawah tanah. Itulah mengapa Freeport memberikan gaji mereka cukup besar.

Namun Freeport tidak cuek. Mereka membangun berbagai fasilitas hiburan bagi para pekerja tambang tersebut. Fasilitas hiburan ini dibangun Freeport di ketinggian 3.000 Mdpl, tidak jauh dari mulut tambang bawah tanah mereka.

Mereka menyebutnya Superblok. Superblok ini berada di tengah kawasan barak pekerja tambang yang ditinggali 12.500 pekerja tambang.

"Superblok ini dibangun mulai 2013 dan telah full operasi pada Agustus 2018 ini," kata Superintenden Building Management Freeport Indonesia Herry Saroha, Minggu (19/8/2018).

 

Tak tanggung-tanggung, bangunan khusus fasilitas hiburan ini didirikan dengan investasi US$ 54 juta. Biaya itu tergolong cukup tinggi untuk konstruksi bangunan di atas pegunungan.

Jangan salah, tingginya investasi ini bukan untuk konstruksi, nampaknya untuk pembelian berbagai alat dan media pendukung yang digunakan para pekerja Freeport mencari hiburan.

Herry mengaku, semua peralatan yang dimiliki di superblok seluas 23 ribu meter persegi ini memiliki peralatan serba impor dan berkualitas internasional.

"Kami pastikan apa yang ada di sini kualitasnya lebih baik dari hotel-hotel di kota besar seperti Jakarta," tegasnya.

Lalu, apa saja hiburan yang ada di gedung yang memiliki 5 lantai ini? Lantai pertama, digunakan sebagai gudang dan pusat kesehatan (ISOS). Lantai dua, lebih banyak digunakan sebagai dining hall dan lobi superblok.

Naik ke lantai tiga, terdapat fasilitas berupa tempat karaoke, caffe, ruang training, kantor perbankan dan bioskop. Bioskop di sini memiliki kapasitas 100 orang. Dan setiap harinya ada 3 kali jam penayangan film.

Sementara untuk tempat karaoke, para pekerja juga disuguhi soundsystem mumpuni, dua layar tv besar dan pemandu karaoke. Untuk ruang VIP sendiri bisa menampung 10-20 orang.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fasilitas Gratis

Naik lagi ke lantai empat, terdapat fasilitas Biliard, tenis meja, peralatan fitness dan perpustakaan. Yang mengagumkan, peralatan fitness di lantai ini terbilang cukup banyak dan memiliki kualitas internasional. Setidaknya, lebih dari 100 orang bisa ditampung dalam sekali fitness.

"Peralatan gym ini dari Amerika, bahkan lebih baik dari Selebrity Fitnes yang ada di Jakarta," ucap Herry.

Dan di lantai lima, digunakan sebagai lapangan futsal dan badminton. Terdapat dua lapangan futsal dan dua lapangan badminton.

 

Yang lebih mewah lagi, semua pekerja Freeport bisa menggunakan fasilitas yang ada di superblok ini tanpa biaya, alias gratis. "Hanya saja kalau mereka mau menggunakan pesan dulu jamnya," kata dia.

Semua pemesanan sendiri dilakukan melalui sistem internal Freeport. Selain itu juga bisa melalui telepon atau langsung datang ke lokasi.

Superblok ini sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 05.00 WIT hingga pukul 21.00 WIT. Saat weekend terkadang bisa hingga pukul 23.00 WIT, tergantung banyaknya pemesanan.

Bagaimana, cukup mewah bukan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.