Sukses

5 Jurus Mudah Merintis Bisnis Rumahan

Berikut cara-cara memulai bisnis rumahan dengan modal kecil

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, bekerja kantoran mungkin bisa membuat mereka jenuh. Apalagi jika sudah dijalani selama bertahun-tahun dan tempat kerja terbilang cukup jauh jaraknya dari rumah. Tak sedikit orang yang kemudian beralih profesi dengan membuka bisnis rumahan sendiri.

Jika diperhatikan, rata-rata orang yang membuka bisnis rumahan adalah perempuan, terutama perempuan yang sudah berumah tangga. Sebenarnya peluang bisnis rumahan ini bisa dijalani oleh perempuan atau laki-laki.

Saat akan memulai bisnis rumahan, Anda pasti bingung bagaimana cara memulainya karena memang belum ada pengalaman untuk membuka bisnis sendiri. Lantas, harus dari mana kita memulainya? HaloMoney.co.id akan memberikan cara-cara memulai bisnis rumahan modal kecil kepadamu, yaitu:

1. Meminta dukungan keluarga

Saat akan memutuskan untuk memulai bisnis rumahan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah meminta dukungan dari keluarga yang ada di rumah. Keluarga merupakan pendukungmu, baik dari segi materil maupun non-materil.

Berhubung bisnis Anda jalankan dari rumah alias bertempat di rumah, jika ada salah satu anggota keluarga di rumah yang tidak mendukung, maka bisnis rumahan yang Anda jalani nanti tidak akan berjalan dengan baik. Jadi, sebelum memulai bisnis rumahan, bicarakan dulu dengan anggota keluarga dan minta dukungan mereka.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menentukan bisnis sesuai minat

Jika restu sudah ditangan, selanjutnya Anda tinggal menentukan jenis bisnis rumahan yang sesuai dengan minat atau keahlianmu. Selain menentukan jenis bisnis rumahan dari minat atau keahlian, Anda juga harus melihatnya dari segi peluang pasar yang ada.

Jangan sampai jenis peluang bisnis rumahan yang Anda pilih tidak sesuai dengan peluang bisnis. Sebagai contoh, saat ini sedang tren menjadikan rumah yang instagramable ala kafe atau coffee shop. Kalau Anda pintar kerajinan tangan atau ahli dalam bidang desain, Anda bisa menjual pernak-pernik pajangan rumah, seperti pajangan quotes dinding, pigura 3D, dan lain sebagainya.

3. Menyiapkan modal

Membuka bisnis rumahan yang menjanjikan pastinya butuh modal dana yang harus Anda keluarkan dari kocek sendiri. Pastikan untuk menghitung dengan benar modal keseluruhan yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis rumahan ini.

Perhitungan modal ini meliputi bahan baku, peralatan, kemasan produk, biaya produksi, dan lain sebagainya. Hitung secara rinci agar nantinya Anda bisa dengan mudah melihat pengeluaran apa yang diperlukan dan tidak diperlukan lagi pada bulan berikutnya.

3 dari 3 halaman

4. Kuasai pemasaran online

Seperti yang Anda ketahui, saat ini segala sesuatunya sudah serba online. Jadi, jangan sampai bisnis rumahanmu ini ketinggalan zaman karena tidak dipasarkan secara online.

Pemasaran online sebenarnya sangat mudah dilakukan, terutama bagi Anda pengguna aktif sosial media karena pemasaran online pasti melibatkan sosial media, seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Path. Selain sosial media, Anda juga bisa memanfaatkan Blogger dan YouTube untuk membuat ulasan tentang produk yang Anda jual.

5. Bila butuh tambahan modal, berhati-hati dengan utang

Anda ingin menjalankan bisnis rumahan ini sampai berapa lama? Kalau ingin bisnis rumahan awet dan semakin banyak pelanggannya, Anda harus mulai memikirkan untuk mengembangkan bisnis rumahan.

Pengusaha yang bisnisnya sudah ternama, pada awalnya juga berasal dari bisnis kecil. Tapi karena mereka berani untuk mengembangkan bisnisnya, maka bisnis kecil mereka bisa menjadi besar. Lalu, kalau modalnya tidak mencukupi bagaimana? Anda bisa mengajukan kredit usaha atau kredit tanpa agunan (KTA) lewat bank-bank yang terpercaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini