Sukses

4 Poin Penting untuk Raih Kesuksesan Keuangan

Berikut empat trik yang dapat membantu Anda untuk berhasil dalam keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan diri Anda pada pijakan keuangan yang sehat, sangat mirip dengan membangun bisnis yang sukses. Ini bisa menjadi usaha selama puluhan tahun yang membutuhkan perencanaan, keterampilan, kesabaran, dan sedikit keberuntungan. Mengingat perjalanan keuangan Anda masih panjang, Anda memiliki setiap alasan untuk memulai hari ini.

Jangan menundanya, lakukan sekarang jika Anda ingin berhasil dalam hal keuangan. Berikut empat trik yang dapat membantu Anda untuk mewujudkannya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Punya rencana

Keamanan finansial tidak akan terjadi secara kebetulan, dan itu tidak akan terjadi dalam semalam. Sama seperti bisnis yang memiliki sasaran, target pendapatan tahunan, dan rencana bisnis untuk lima tahun ke depan, Anda perlu mendekati kehidupan Anda dengan strategi jangka panjang yang terdiri dari serangkaian tindakan dan sasaran jangka pendek. Sukses tergantung dari apa yang Anda lakukan hari ini, maka dari itu Anda harus punya rencana.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Investasikan pada diri Anda

Ketika bisnis ingin tumbuh, mereka berinvestasi dalam diri mereka. Logika yang sama berlaku untuk individu. Sebelum Anda memulai karier, investasi dalam pendidikan dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan potensi penghasilan seumur hidup. Pergi ke perguruan tinggi atau sekolah perdagangan dapat memberikan pengetahuan yang membuat Anda menjadi bagian tenaga kerja yang lebih menarik dan dibayar lebih tinggi.

Jika keadaan atau kepentingan pribadi membuat pendidikan menjadi pilihan yang menarik bagi Anda, pertimbangkan untuk memulai bisnis. Pengusaha dari semua lapisan masyarakat telah memulai usaha yang sukses. Bekerja untuk diri sendiri dapat membawa lebih banyak kepuasan, lebih banyak uang, dan kendali yang lebih besar atas stabilitas pekerjaan Anda daripada bekerja untuk orang lain.

3. Menuntaskan utang

Pengelolaan utang adalah latihan penting untuk setiap keuangan yang sukses. Jika Anda tidak dapat membayar utang, jangan melakukan pembelian. Semua utang itu buruk. Ada daftar panjang para investor yang masuk ke dalam utang untuk menempatkan uang untuk bekerja dalam investasi yang akan memperoleh tingkat pengembalian yang lebih besar daripada biaya tingkat bunga untuk melayani utang.

Jika Anda seorang pengusaha, utang dapat menjadi alat yang diperlukan. Menaruh uang Anda ke dalam aset yang berharga, berbeda dengan menggunakan utang untuk mendanai mobil, liburan, atau gadget. Membayar bunga pada barang-barang konsumen hanyalah membuang-buang uang dan merusak fondasi keuangan Anda. Berinvestasi dalam bisnis Anda adalah cara untuk meningkatkan potensi pendapatan Anda.

3 dari 3 halaman

4. Bekerja sama dengan pasangan

Menikah dapat memberi dorongan finansial yang kuat bagi kehidupan Anda. Lebih dari beberapa pernikahan berakhir dengan perceraian mengenai masalah ekonomi. Nilai yang dibagikan adalah kunci menuju sukses. Meskipun kedengarannya tidak romantis, memiliki pandangan yang sama tentang uang akan sangat membantu terciptanya masa depan keuangan yang aman dan pernikahan yang bahagia.

Rencanakan bersama dan habiskan bersama. Tetapkan tujuan hidup dengan satu penghasilan sambil menggunakan yang lain untuk membayar utang. Setelah Anda bebas utang, hiduplah dengan pendapatan yang lebih rendah dan investasikan sisanya.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini