Sukses

5 Langkah Hebat untuk Memulai Restoran

Bagaimana Anda bisa meluncurkan restoran yang sukses? Berikut adalah langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha kuliner sering bermimpi untuk memulai sebuah restoran dan mengubah minat mereka menjadi keuntungan. Tentu saja, Anda harus tahu memilih tempat yang layak, membuat menu yang menarik bagi pelanggan target Anda, mempekerjakan staf yang tepat, dan mempromosikan restoran baru sebelum Anda terjun ke usaha kuliner. Namun, ada banyak langkah yang harus dilakukan sebelum memulainya.

Memulai restoran akan memberi Anda tanggung jawab yang penuh, jadi sebelum Anda membuka restoran, Anda harus memastikan bahwa Anda siap untuk setiap langkah.

Jadi, bagaimana Anda bisa meluncurkan restoran yang sukses? Berikut adalah langkahnya, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Kerjakan pekerjaan rumahmu

Dalam industri apa pun, melakukan uji tuntas Anda sebelum memulai sangat penting untuk kesuksesan. Hal ini terutama berlaku untuk bisnis restoran, di mana hanya mengetahui makanan yang baik saja tidak cukup. Ribuan restoran independen gagal setiap tahun karena pemiliknya tidak siap atau menyadari apa yang perlu dilakukan.

Bahkan jika Anda telah bekerja di restoran, masih banyak pelajaran hukum, manajerial, dan pemasaran yang harus dipelajari. Salah satu syarat yang harus dipenuhi banyak pemilik restoran adalah peraturan perizinan dan kesehatan setempat, serta pentingnya mengetahui kebijakan hukum di lokasi restoran Anda. Calon pemilik restoran yang merencanakan peluncuran harus mempertimbangkan waktu untuk proses pemeriksaan yang akan dilakukan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018. Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Dapatkan sebanyak mungkin pengalaman industri

Memasuki industri restoran untuk pertama kalinya bisa jadi sulit. Jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya dalam bisnis itu sendiri, penting untuk bermitra atau mempekerjakan seseorang yang ahli di bidang kuliner.

Setiap pemilik restoran baru yang tidak terbiasa dengan sewa komersial harus menyewa pengacara yang berspesialisasi dalam bidang itu. Anda perlu mendapatkan pengetahuan umum tentang pengerjaan bisnis sebelum Anda mulai. Ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum memulai bisnis.

3. Pilih lokasi yang tepat

Tanpa lokasi yang baik, restoran Anda akan gagal, tidak peduli bagaimanapun hebatnya. Lokasi dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda. Carilah lokasi yang sering dilalui banyak orang dan hadirkan menu makanan yang banyak diminati masyarakat. Anda harus mensurvei tempat yang paling cocok dengan bisnis restoran Anda.

3 dari 3 halaman

4. Dapat beradaptasi

Konsisten dalam kualitas dan layanan makanan memang penting untuk kesuksesan, tetapi Anda perlu terus-menerus memperbarui, merenovasi, dan berkembang dengan selera publik yang selalu berubah untuk menjadi sukses.

Menunya juga harus berubah untuk memungkinkan hidangan yang lebih baru dan lebih inovatif. Ketika Anda datang dengan konsep dan menu Anda, itu harus cukup fleksibel untuk beradaptasi ketika pelanggan Anda meminta sesuatu yang baru.

5. Utamakan pelanggan Anda terlebih dahulu

Semua orang tahu bahwa restoran yang sukses perlu menyajikan makanan yang lezat, tetapi ada begitu banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap keberhasilan usaha Anda dan sebagian besar ada pada pelanggan yang bahagia dan setia.

Anda harus mendapatkan kepercayaan mereka dengan memastikan mereka dijaga dan menyediakan layanan terbaik. Di pasar saat ini, Anda juga tidak dapat berhasil tanpa media sosial. Makanan yang baik adalah penting, tetapi teknologi juga harus baik.

Semoga bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan, bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi gratis.

Daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini